Sukses

Kaleidoskop 2020: Seragam Baru Satpam Mirip Polisi hingga Viral Penampakan Kuntilanak

Seragam baru satpam sangat mirip dengan baju dinas kepolisian yang berwana cokelat hingga video viral diduga penampakan kuntilanak di Depok.

Liputan6.com, Jakarta - September 2020, perhatian masyarakat Indonesia tersita pada seragam baru satuan pengamanan atau yang lebih dikenal dengan satpam.

Bagaimana tidak, seragam satpam tersebut sangat mirip dengan baju dinas kepolisian yang berwana cokelat. Semula, seragam satpam memiliki warna putih dengan pasangan celana atau rok yang berwarna biru.

Tapi di versi terbarunya, seragam satgam menyesuaikan dengan baju dinas polisi, yaitu berwarna cokelat. Bukan hanya baju, topi dinas satpam pun mirip dengan polisi.

Kemudian, Indonesia juga sempat dihebohkan dengan berita disahkannya Rancangan Undang Undang Cipta Kerja (RUU Cipta Kerja) menjadi Undang Undang oleh DPR RI pada Oktober 2020.

Diketahui, DPR RI menyetujui RUU Cipta Kerja tersebut dalam Rapat Paripurna pada Senin, 5 Oktober 2020. Pengesahan ini dikebut lebih cepat dari jadwal yang diagendakan pada Kamis 8 Oktober 2020.

Pihak pemerintah membantah jika pengesahan ini dilakukan secara mendadak dan terburu-buru. Karena menurut Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah, sejak awal pembahasan Rancangan Undang-Undang RUU Cipta Kerja telah melalui dialog dengan semua lapisan, terutama kalangan buruh.

Tak berhenti sampai disitu, pembaca kanal News Liputan6.com dikejutkan dengan penangkapan Menteri Kelautan dan Perikanan atau KKP Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Edhy Prabowo yang kini sudah mengundurkan diri jabatannya itu diciduk KPK Rabu dini hari, 25 November 2020 di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang usai tiba dari kunjungan ke Amerika Serikat (AS).

Dia ditangkap KPK lantaran diduga terlibat kasus dugaan korupsi terkait penetapan perizinan ekspor benih lobster atau benur di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Rupanya, KPK mengungkapkan, penangkapan Edhy ini merupakan hasil pantauan KPK sejak beberapa bulan lalu. Bahkan sejak Mei 2020 lalu, gerak-gerik Edhy Prabowo sudah masuk radar lembaga antirasuah.

Menutup tahun pada Desember 2020, media sosial dihebohkan dengan sebuah video rekaman CCTV yang memperlihatkan sosok diduga kuntilanak membonceng sepeda motor.

Penampakan sosok diduga kuntilanak itu terjadi di jembatan biru Kampung Utan, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Jawa Barat.

Berikut peristiwa menarik dan menghebohkan di News Liputan6.com yang terangkum dalam Kaleidoskop 2020:

 

(Fifiyanti Abdurahman)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Mirip Pakaian Dinas Polisi, Ini Penampakan Seragam Satpam yang Baru

Satuan pengamanan atau lebih dikenal satpam kini memiliki seragam baru yang mirip dengan baju dinas kepolisian.

Seragam yang tadinya berwarna putih dan bercelana/rok biru, kini menyesuaikan dengan baju dinas polisi yaitu berwarna cokelat. Bukan hanya baju, topi dinas satpam pun mirip dengan polisi.

Baju dinas satpam pun dirancang dengan berbagai model mulai dari seragam biasa, seragam berhijab, hingga setelan jas. Seragam tersebut juga dilengkapi dengan tanda pangkat.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Awi Setiyono menerangkan, ada maksud dibalik kemiripan seragam Satpam dengan Polri.

Diantaranya diharapkan dapat terjalin kedekatan emosional antara Polri dan Satpam.

Kemudian, menumbuhkan kebanggan Satpam sebagai pengemban fungsi kepolisian terbatas.

"Juga memuliakan profesi satpam. Selanjutnya, menambah penggelaran fungsi kepolisian ditengah-tengah masyarakat," kata dia di Mabes Polri, Senin, 14 September 2020.

 

 

Selengkapnya...

3 dari 6 halaman

Ini Isi Lengkap UU Cipta Kerja yang Sudah Disahkan DPR

Rancangan Undang Undang Cipta Kerja (RUU Cipta Kerja) resmi menjadi undang-undang setelah DPR mengesahkannya pada Rapat Paripurna, Senin 5 Oktober 2020. Pengesahan ini dikebut lebih cepat dari jadwal yang diagendakan pada Kamis 8 Oktober 2020.

Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin mengatakan, dalam pengesahan ini terdapat enam fraksi menerima RUU Cipta Kerja untuk disahkan menjadi UU. Kemudian 1 fraksi menerima dengan catatan, dan dua fraksi menolak.

"Mengacu pada pasal 164 maka pimpinan dapat mengambil pandangan fraksi. Sepakat? Tok!" kata Aziz dalam sidang rapat paripurna di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin, 5 Oktober 2020

Mewakili pemerintah, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyambut baik dan mengucapkan terima kasih, apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada ketua dan wakil ketua panitia kerja RUU Cipta Kerja, badan legislatif, legislasi DPR, yang telah melakukan proses pembahasan dengan berbagai pandangan masukan dan saran yang konstruktif.

 

Selengkapnya...

4 dari 6 halaman

Menteri Edhy Prabowo Sudah Dipantau KPK Sejak Mei 2020

KPK telah menetapkan tersangka terhadap Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Dia diduga terlibat kasus dugaan korupsi terkait penetapan perizinan ekspor benih lobster atau benur di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) tahun 2020.

Penangkapan Edhy Prabowo di Bandara Soekarno pada Rabu 25 November merupakan hasil pantauan KPK sejak beberapa bulan lalu. Bahkan mulai bulan Mei, gerak-geriknya sudah masuk radar KPK.

Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango menyebut, pada 4 Mei 2020, Edhy Prabowo selaku Menteri Kelautan dan Perikanan menerbitkan Surat Keputusan Nomor 53/KEP MEN-KP/2020 tentang Tim Uji Tuntas (Due Diligence) Perizinan Usaha Perikanan Budidaya Lobster, dengan menunjuk Andreau Pribadi Misata(APS) selaku staf khusus Menteri juga selaku Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas (Due Diligence) dan Safri (SAF) selaku Staf Khusus Menteri sekaligus menjabat selaku Wakil Ketua Pelaksana Tim Uji Tuntas (Due Diligence).

"Salah satu tugas dari Tim ini adalah memeriksa kelengkapan administrasi dokumen yang diajukan oleh calon eksportir benur," kata dia dalam keterangan pers, Rabu malam, 25 November 2020.

 

Selengkapnya...

5 dari 6 halaman

Viral Penampakan Kuntilanak Bonceng Sepeda Motor di Depok

Sebuah video rekaman CCTV viral di media sosial (medsos) lantaran memperlihatkan sosok diduga kuntilanak membonceng sepeda motor. Penampakan sosok diduga kuntilanak itu terjadi di jembatan biru Kampung Utan, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok. 

Salah seorang warga Kelurahan Pondok Jaya, Fathur (35) mengaku sudah melihat video diduga penampakan kuntilanak tersebut. Menurut dia, hal itu bisa saja terjadi kepada pemotor yang melintas di jembatan biru saat malam hari.

“Sudah lihat videonya, bisa saja karena tempat tersebut kalau malam seram, karena melintas Kali Ciliwung dan terdapat pohon bambu,” ujar Fathur, Kamis, 17 Desember 2020.

Fathur mengaku, dirinya hampir setiap hari melintas di jembatan yang menghubungkan wilayah Kecamatan Cipayung dengan Cilodong itu. Suasana mistis pernah dia rasakan saat melintas sekitar pukul 23.00 WIB.

 

Selengkapnya...

6 dari 6 halaman

UU Cipta Kerja dan Para Pemohon Uji Materi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.