Sukses

Cara Sandiaga Uno Bangkitkan Pariwisata Lokal Lewat Rumah Siap Kerja

Melalui kerja sama Rumah Siap Kerja dan Kartu Prakerja, Sandiaga memberikan pelatihan digital marketing dan ritel untuk meningkatkan skill tenaga kerja di industri pariwisata.

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Sandiaga Uno mengatakan, peningkatan kualitas tenaga kerja lewat pelatihan digital marketing dan ritel menjadi hal penting dalam pengembangan industri pariwisata saat ini.

Lewat kedua hal tersebut, industri pariwisata lokal diyakini dapat pulih pasca-resesi ekonomi imbas pandemi virus corona Covid-19 yang melanda Indonesia sejak setahun terakhir.

Optimisme itu disampaikan Sandiaga Uno dalam pembukaan pelatihan yang digelar Balai Latihan Kerja (BLK) Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dan Rumah Siap Kerja secara online pada Senin (30/11/2020).

Dipaparkannya, guna meningkatkan perekonomian lokal Bangka Belitung yang merupakan salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), masyarakat harus dibekali dengan sejumlah keterampilan.

Keterampilan tersebut di antaranya manajemen usaha hingga pemasaran produk lokal lewat digital. Dengan begitu, maka potensi besar pariwisata Bangka Belitung bisa dibawa ke kancah internasional.

"Untuk merealisasikan potensi ini, di era digital sangatlah penting bagi tenaga kerja untuk terus meningkatkan skill-nya. Dan karena itulah Rumah Siap Kerja bekerja sama dengan Kartu Prakerja memberikan pelatihan serta sertifikasi," kata Sandi dalam siaran pers, Rabu (2/11/2020).

"Tujuannya untuk membantu Belitung yang merupakan Kawasan Ekonomi Khusus menjadi the next tourist destination di Indonesia, sehingga dapat memajukan laju perekonomian lokal dan mengukirkan namanya di kancah internasional," tambahnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tingkatkan Skill Generasi Muda

Dalam acara tersebut turut hadir Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Erzaldi Rosman; Bupati Belitung, H Sahani Saleh; Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja, Mohammad Rudy serta Kepala Kemitraan dan Pengembangan Ekosistem Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja, Regi Wahono.

Sebagai wujud dukungan, Sandi bersama Rumah Siap Kerja memberikan pelatihan kewirausahaan dan peningkatan keahlian demi mewujudkan generasi muda yang selalu siap kerja dan siap usaha.

Bahkan, Sandi mengaku memberikan pelatihan kewirausahaan dan mengajar langsung di Kelas Bisnis Sandiaga Uno.

"Kolaborasi ini diharapkan dapat membantu bangkitnya Industri Pariwisata dan penciptaan lapangan kerja di Belitung. Secara khusus, pelatihan ini diharapkan dapat membantu generasi muda Belitung untuk meningkatkan skill dan kualifikasi mereka dalam bidang digital marketing dan pelayanan ritel untuk memperluas kesempatan kerja," jelasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.