Sukses

Pesan Penting Kepala PPSDM KEBTKE untuk Peserta Latsar CPNS Kemendikbud

Liputan6.com, Jakarta Pelatihan Dasar CPNS atau Latsar CPNS Golongan III Gelombang IV Angkatan XIX sampai dengan XXIV di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah resmi berakhir pada 30 November 2020.

Latsar yang berlangsung selama 51 hari kerja hasil kerja sama antara Pusdiklat Pegawai Kemendikbud dengan PPSDM Aparatur dan PPSDM KEBTKE, pada kegiatan penutupan dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom. Turut hadir dan menjadi keynote speaker adalah Kepala PPSDM KEBTKE, Laode Sulaeman. 

Dalam sambutannya Laode Sulaeman menyampaikan tiga hal yang harus diingat para peserta Latsar CPNS Kemendikbud, diantaranya adalah daya saing atau kompetitif ness

“Saya menghimbau kepada seluruh rekan yang sudah mengikuti diklatsar bahwa setelah diklatsar ini nantinya kuatkan kompetitif ness atau daya saing, bagaimana cara menguatkan daya saing ini? Pertama, dalami terus penguatan substansi atau penguatan keteknikan yang sudah dikuasai oleh rekan sekalian.

Penguatan keteknikan, menurut Laode adalah investasi sesuai dengan bidang profesionalismenya masing-masing. 

“Agar dipegang teguh, didalami sehingga ketika ada penugasan terkait hal-hal atau substansi keteknikan berdiri paling depan, kalau ada pimpinan yang bertanya sudah mempunyai inisiatif sendiri,” pungkasnya.

Kedua, lanjut Laode adalah para peserta Latsar jangan membiarkan diri sendiri tergeser atau tersisihkan oleh arusnya teknologi informasi.

“Jangan eksis di dunia nyata akan tetapi harus juga eksis di dunia maya. Kita harus betul-betul memanfaatkan instrumen teknologi informasi untuk membantu pekerjaan atau untuk menshare kemampuan di masa-masa yang akan datang,” ungkap Laode.

 

2 dari 4 halaman

Tingkatkan Soft Skill

Terakhir atau ketiga, Laode memintah para peserta menguasai keterampilan soft skill, karakter dan perilaku untuk memberikan pelayanan dengan baik agar tidak tergantikan oleh Robotik. 

“Dengan menguasai soft skill nanti kita akan selalu eksis, walaupun teknologi robotik berkembang tetapi tidak bisa menggantikan fungsi-fungsi atau karakter beautifier itu sendiri, inilah tiga pegangan untuk rekan-rekan calon pemimpin masa depan nanti,” tuturnya.

Pada masa pandemi Covid-19, kurikulum Latsar CPNS berlangsung selama 51 hari kerja dan pelaksanaan aktualisasi dilaksanakan dengan metode jarak jauh (distance learning) yaitu mulai tanggal 16 September s/d 30 November 2020. Latsar dilaksanakan secara online melalui aplikasi E-Learning SMILE PPSDM Aparatur serta aplikasi lainnya.

Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi, kompetensi diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menunjukkan penguasaan Kompetensi Teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas.

Sedangkan terintegrasi merupakan penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS yang memadukan antara pelatihan secara online dengan non klasikal dan kompetensi sosial kultural dengan kompetensi bidang.

 

3 dari 4 halaman

Peserta Lulusan Terbaik

Pada penyelenggaraan kali ini sebanyak 268 peserta dinyatakan LULUS dengan predikat kelulusan Sangat Memuaskan (3 peserta), Memuaskan (263 peserta), dan Cukup Memuaskan (2 peserta).

Selanjutnya pada kesempatan tersebut disampaikan pula 3 (tiga) peringkat terbaik dari masing-masing angkatan sebagai berikut :

Angkatan XIX:

1. Patrick Corputty, S.H., M.H. dengan nilai 86,56 predikat Memuaskan (Universitas Pattimura).

2. Noor Husna Khairisa, S.Pd.,M.Sc. dengan nilai 86,06 predikat Memuaskan (Universitas Halu Oleo)

3. Wd. Rizky Awaliah Nafiu, S.T., M.T dengan nilai 85,83 predikat Memuaskan (Universitas Halu Oleo).

Angkatan XX:

1. Muhammad Hussen, S.S., M.S. dengan nilai 92,35 predikat Sangat Memuaskan (Universitas Papua).

2. Miftachatun Naimah, S.H. dengan nilai 91,38 predikat Sangat Memuaskan (Universitas Papua).

3. Ronaldo Luarwan, S.T. dengan nilai 89,94 predikat Memuaskan (Universitas Papua).

Angkatan XXI:

1. Mahardika Rizqi Himawan, S.I.K., M.Si. dengan nilai 90,08 predikat Sangat Memuaskan (Universitas Mataram)

2. Suci Rokhimah, S.E. dengan nilai 89,26predikat Memuaskan (Universitas Papua)

3. Adnan Affan Akbar Botanri, S.T., M.Eng. dengan nilai 89,23 predikat Memuaskan (Universitas Pattimura)

Angkatan XXII:

1. Dr Putu Suwita Sari dengan nilai 89,27 predikat Memuaskan (Universitas Mataram)

2. Dr. Dini Suryani dengan nilai 89,01 predikat Memuaskan (Universitas Mataram)

3. I Nengah Agus Tripayana, S.Pd., M.Pd dengan nilai 88,16 predikat Memuaskan (Universitas Mataram)

Angkatan XXIII:

1. Zulkarnaen Hamka, A.Md., S.H. dengan nilai 89,42 predikat Memuaskan (LL Dikti Wil VIII Bali)

2. Paskalina Apriany Reba Watu, S. Sos, M.A.P dengan nilai 88,99 predikat Memuaskan (LL Dikti Wil VIII Bali)

3. I Nyoman Agus Prabawa, S.H.,M.H. dengan nilai 88,9 predikat Memuaskan (LL Dikti Wil VIII Bali)

Angkatan XXIV:

1. Selvi Rahmawati, S.Si., M.Sc. dengan nilai 88,99 predikat Memuaskan (Universitas Lampung)

2. Arif Darmawan, S.E., M.A. dengan nilai 88,78 predikat Memuaskan (Universitas lampung)

3. Sari Indah Oktanti Sembiring, S.E., M.S.Ak. dengan nilai 86,89 predikat Memuaskan (Universitas Lampung)

 

4 dari 4 halaman

Laode Minta ASN Jadi Perekat Persatuan Bangsa

Laode Sulaeman menyampaikan ucapan terima kasih kepada berbagai pihak, khususnya Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kemendikbud yang telah menjalin kerja sama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur dan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia KEBTKE untuk menyelenggarakan Pelatihan Dasar CPNS Kemendikbud, juga kepada Bapak/Ibu Widyaiswara dan Panitia Penyelenggara yang telah berupaya agar kegiatan pelatihan ini dapat terselenggara dengan baik.

Dengan berakhirnya kegiatan pelatihan ini, menurut Laode bukan berarti tugas untuk belajar telah usai, namun sebaliknya justru tugas sebagai abdi negara pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik dan perekat serta pemersatu bangsa dimulai. 

“Kami juga ingin berpesan, bahwa ini merupakan tahun politik, khususnya nanti di tanggal 9 Desember 2020 akan diselenggarakan Pilkada di masing-masing daerah, harap untuk tetap menjaga Netralitas dan profesionalitas sebagai Aparatur Sipil Negara, agar menjadi perekat persatuan bangsa dan negara Republik Indonesia,” jelas Laode.

Akhir dari sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada para peserta yang telah menyelesaikan rangkaian kegiatan Pelatihan Dasar CPNS, selamat bekerja kembali di instansi masing-masing, semoga kesuksesan selalu menaungi karir adik-adik semua,” tutupnya.

 

(*)