Sukses

DKI Jakarta Catat Penambahan Kasus Sembuh Tertinggi Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Jumlah kasus sembuh akibat Covid-19 di Indonesia mengalami penambahan sebanyak 3.842 orang pada Kamis (26/11/2020). Dengan begitu, maka total akumulatif 433.649 orang sudah dinyatakan sembuh akibat virus Covid-19.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Provinsi DKI Jakarta mencatat sebanyak 1.125 orang telah dinyatakan sembuh dari Covid-19. Saat ini jumlah kumulatif kasus sembuh di Jakarta mencapai 120.194 orang.

Lalu, Provinsi Jawa Barat juga mencatatkan sebanyak 712 orang sembuh dari Covid-19. Dengan penambahan tersebut jumlah kumulatif kasus sembuh mencapai 41.932 orang.

Kemudian ada, Jawa Timur yang mencatat kasus sembuh sebanyak 304 orang. Saat ini jumlah kumulatif kasus sembuh di Jakarta mencapai 53.131 orang.

Sementara itu, pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta rupanya diberikan vitamin hingga olahraga. Tak ketinggalan, pemberian makanan bergizi dan istirahat cukup.

Koordinator RS Darurat Wisma Atlet Tugas Ratmono menyampaikan gambaran penanganan dan perawatan pasien Covid-19, baik Orang Tanpa Gejala (OTG) yang isolasi mandiri dan pasien gejala ringan yang dirawat di RSD Wisma Atlet.

"Untuk OTG yang isolasi mandiri, intinya mereka harus menjaga kesehatan dan psikologi dengan baik. Kemudian kita jaga imun mereka dengan baik," ujar Tugas saat sesi Bincang Editor, Meredam Cluster Covid-19, Senin (23/11/2020).

2 dari 3 halaman

Diberikan Vitamin

"Mereka yang tanpa gejala, kami berikan vitamin. Yang penting juga pemberian makanan bergizi dan bagaimana mereka supaya istirahat dan olahraga cukup. Ini menjaga keseimbangan imun tubuh."

Bimbingan konseling juga dilakukan OTG Wisma Atlet demi menjaga kesehatan mental. Seluruh program untuk isolasi mandiri pasien harus dijalankan.

"Ada juga namanya bimbingan konseling, maksudnya psikologi ya. Itu semua hal yang kami lakukan dan mereka mengikuti program sesuai ketentuan. Tentunya, pedoman dari Kementerian Kesehatan, sehingga mereka bisa kembali ke rumah," imbuh Tugas.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: