Sukses

Top 3 News: Kondisi Gunung Merapi, Guguran Lava hingga 6 Kali Gempa Vulkanik

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news Kamis 12 November 2020 dimulai dengan kondisi terkini Gunung Merapi yang telah berstatus siaga sejak Kamis siang, 5 November 2020. Pada Rabu, 11 November kemarin dilaporkan telah terjadi beberapa kali guguran lava dengan jarak luncur 700 meter ke arah Kali Senowo.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) juga mendeteksi adanya enam kali gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo 46-70 mm dan durasi 13-25 detik.

Disebut pula aktivitas seismik dan deformasi di tubuh Gunung Merapi terus meningkat sejak statusnya menjadi siaga atau level III.

Lantas, seperti apa kondisi magma saat ini di dalam perut Gunung Merapi?

Berita terpopuler lainnya di News Liputan6.com terkait raibnya tabungan sebesar Rp 20 miliar milik atlet e-sport, Winda D Lunardi alias Winda Earl.

Kasus tersebut kini tengah diselidiki Bareskrim Polri. Satu pelaku bahkan telah ditetapkan tersangka, yaitu Kepala Cabang Bank Maybank cabang Cipulir Arcade berinisial A. 

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio bahkan menduga, raibnya uang miliaran milik nasabah Winda Eearl di Maybank ada keterlibatan orang dalam yang turut bermain.

Berikutnya ada kabar soal video syur mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel yang tak kalah menuai sorotan. Kasusnya telah naik dari penyelidikan ke tahap penyidikan usai polisi melakukan gelar perkara, Rabu, 11 November.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Kamis, 12 November 2020:

2 dari 5 halaman

1. Deretan Hal Terkait Kondisi Terkini Erupsi Gunung Merapi

Gunung Merapi kembali erupsi. Saat ini statusnya dari Waspada menjadi Siaga karena aktivitasnya meningkat.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut, Gunung Merapi di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah mengeluarkan guguran lava pada Rabu pagi, 11 November 2020 dengan jarak luncur 700 meter ke arah Kali Senowo.

Kepala BPPTKG Hanik Humaida menyatakan, guguran lava itu tercatat keluar dari Gunung Merapi pada pukul 03.58 WIB, 04.04 WIB, dan 05.13 WIB. Namun, secara visual hanya terpantau satu kali dari Pos Babadan selama periode pengamatan pukul 00:00-06:00 WIB.

Oleh karena itu, Balai Konservasi Borobudur (BKB) pun menutup stupa dan lorong Candi Borobudur dengan terpal untuk mengantisipasi erupsi Gunung Merapi.

 

Selengkapnya... 

3 dari 5 halaman

2. HEADLINE: Raibnya Tabungan Rp 20 M Winda Earl, Preseden Buruk Perlindungan Nasabah?

Kasus raibnya tabungan senilai Rp 22 miliar milik Winda D Lunardi alias Winda Earl dan ibunya, Floletta Lizzy Wiguna di Maybank Indonesia makin memanas. Meski menjadi korban, kejadian yang menimpa Winda juga disebut pihak Maybank memiliki kejanggalan.

Kasus ini memang telah ditangani Bareskrim Polri yang kemudian telah melakukan langkah awal dengan memeriksa sejumlah orang.

Namun, belum juga ada titik terang tentang di mana keberadaan uang tersebut dan pihak mana yang seharusnya bertanggung jawab. Pihak bank, nasabah atau lembaga pengawas?

Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio meihatnya dengan sangat sederhana. Karena uang itu sudah dipastikan memang disimpan di Maybank, maka selanjutnya menjadi kewajiban bank tersebut untuk menjaganya. Kalau kemudian uang itu raib, satu hal sudah bisa dipastikan.

"Yang jelas, mau siapa pun itu, pasti ada keterlibatan orang dalam. Nggak mungkin uang itu hilang di bank begitu saja. Nasabah menyimpan uangnya di bank kan biar aman. Kalau kemudian uang itu raib bisa saja, tapi yang jelas pasti ada keterlibatan orang Maybank sendiri," tegas Agus kepada Liputan6.com, Rabu (11/11/2020).

 

Selengkapnya...

 

4 dari 5 halaman

3. Deretan Fakta Terbaru Kasus Video Syur Diduga Mirip Gisel

Aparat kepolisian terus mencari tahu kebenaran terkait video syur diduga mirip artis Gisella Anastasia atau Gisel.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus, pihaknya telah melakukan gelar perkara atas kasus beredarnya video syur mirip Gisel itu pada Rabu, 11 November 2020.

"Sekarang sudah lengkap, bisa diangkat ke penyidikan, melalui mekanisme gelar perkara kemarin. Mudah-mudahan ada hasil gelar perkara (kasus video syur mirip Gisel)," kata dia saat dihubungi, Kamis (12/11/2020).

Meski begitu, Yusri menyebut, kepolisian tengah menelusuri akun media sosial yang menyebarkan video tersebut.

Sementara itu, pria yang namanya ikut terseret di kasus video syur mirip Gisella Anatasia atau Gisel, Adhietya Mukti, akhirnya angkat bicara.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: