Sukses

Dua WNA Pencari Suaka Positif Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Satgas Penanganan Covid-19 di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), mendapati 2 orang WNA pencari suaka yang bermukim di wilayah Kelurahan Pisangan, Ciputat Timur, terpapar Covid-19.

"Awalnya ada dua WNA asal Afganistan," ujar Kepala Puskesmas Pisangan Enting Susilawati, Rabu (28/10/2020).

Karena hal tersebut, akhirnya ratusan WNA yang tinggal di penampungan tersebut, menjalani swab test. Hal ini dilakukan untuk tracing terhadap penghuni lain, apakah ada yang ikut terpapar Covid-19 atau tidak, baik itu orang dewasa maupun anak-anak.

"Setidaknya ada sebanyak 103 orang yang kami tes hari ini. Ada yang sudah berkeluarga dan ada juga yang masih single atau lajang," ujar Enting.

Pemeriksaan tersebut dilakukan kepada seluruh warga pencari suaka. Tak hanya orang dewasa, tes usap itu juga dilakukan kepada para anak kecil.

"Mereka ini bermacam-macam, ada yang dari Myanmar, Afganistan, Somalia, dan negara lainnya. Mereka di bawah naungan IOM (International Organization for Migration)," katanya.

 

2 dari 3 halaman

Akan Dirujuk ke Wisma Atlet

Guna memaksimalkan langkah tracing ini, hasil tes usap ditargetkan akan keluar selama tiga hari.

"Untuk lebih cepat memutus mata rantai COVID-19 maka hari ini dilakukan tes swab. Walaupun hari ini libur, tapi Labkesda tetap buka. Jadi kita bisa mengirim ke sana. Biasanya tiga hari, ya mudah-mudahan Sabtu sudah ada hasilnya," tutur Enting.

Jika nantinya terdapat WNA yang dinyatakan positif, Enting menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan dan instansi lain terkait rujukannya.

"Kemungkinan nanti dirujuk lagi ke Wisma Atlet, Jakarat Pusat, seperti yang direkomendasikan Dinas Kesehatan," pungkasnya. 

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: