Sukses

Pangdam Jaya Beri Penghargaan kepada Dirreskrimsus Polda Metro yang Ungkap Berita Hoaks

Pangdam Jaya mengapresiasi kinerja Dirreskrimsus Polda Metro Jaya dan jajaran personel Subdit Tipidsiber terkait pengungkapan berita Hoaks relawan Wisma Atlet.

Liputan6.com, Jakarta - Pangdam Jaya MayjenTNI Dudung Abdurachman memberikan penghargaan kepada Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirrkirmsus) Polda Metro Jaya Kombes Roma Hutajulu karena berhasil mengungkap beredarnya berita Hoaks mengenai Relawan Covid-19 di Wisma Atlet berdasarkan Laporan Polisi pada bulan April 2020 yang lalu.

Penghargaan tersebut diserahkan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun TNI ke-75 di Kodam Jaya, Senin 5 September 2020.

Pangdam Jaya mengapresiasi kinerja Dirreskrimsus Polda Metro Jaya dan jajaran personel Subdit Tipidsiber terkait pengungkapan berita Hoaks relawan Wisma Atlet. “Kerja mereka sangat cepat dan responsif sehingga pelaku segera diamankan.” kata Dudung dalam keterangannya, Selasa (6/9/2020).

Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana mengucapkan terima kasih atas penghargaan terhadap jajarannya dan juga mengapresiasi bahwa Ditreskrimsus segera mengambil tindakan setelah menerima laporan terkait hoaks relawan wisma Atlit, karena informasi tersebut memang sangat berbahaya dan dapat menimbulkan kecemasan di masyarakat pada saat itu.

“Saya juga mengapresiasi penyidik dari subdit siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya yang dapat segera mengungkap berita Hoaks tersebut. Karena penyebaran berita hoaks jelas melanggar UU ITE. Peraturan yang mengatur berita hoaks tertuang dalam pasal 28 ayat (1) Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik,” kata Kapolda.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terima Kasih untuk Pangdam

Roma Hutajulu mengaku senang dan bangga kepada pimpinan TNI dan Polri dan juga berterimakasih atas dedikasi penyidik pada Subdit Tipidsiber yang selalu menoreh keberhasilan dalam pengungkapan kasus di dunia maya.

“Saya bangga dengan kinerja mereka. Dalam kesempatan ini, saya juga berterima kasih kepada Pangdam Jaya MayjenTNI Dudung Abdurachman yang telah memberikan penghargaan, sekaligus kami mengucapkan selamat ulang tahun kepada TNI yang ke-75. Semoga TNI semakin kuat, hebat dan profesional. Sinergi untuk negeri," ungkap Roma yang juga alumnus dari pendidikan perwira Sekolah Komando TNI Angkatan 46 Tahun 2019.

Sebelumnya pelaku yang berinisial ANG berhasil ditangkap jajaran Subdit Siber Direskrimsus Polda Metro Jaya karena menyebarkan hoaks tentang adanya dua orang relawan Covid 19 yang meninggal dunia di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. Pelaku menyebarkan berita bohong tersebut menggunakan media sosial facebook atas nama akun ANG.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.