Sukses

Umumkan Partai Ummat, Amien Rais Dinyatakan Resmi Keluar dari PAN

Liputan6.com, Jakarta - Partai Amanat Nasional (PAN) angkat bicara mengenai Partai Ummat besutan Amien Rais. Waketum PAN, Viva Yoga Mauladi menyatakan dengan diumumkannya nama partai baru Amien, secara resmi Amien telah keluar dari PAN.

“Pak Amien Rais mengumumkan berdirinya partai politik baru, namanya Partai Ummat. Hal ini berarti secara resmi dan legal konstitusional Pak Amien Rais telah keluar dan meninggalkan PAN," ujar Viva Yoga saat dikonfirmasi, Kamis (1/10/2020).

Meski Amien Rais adalah Pendiri PAN, Viva Yoga menyebut kini Amien tidak lagi berkaitan dan identik dengan PAN.

"Pak Amien Rais sebagai salah satu pendiri dan mantan Ketua Umum PAN 2000-2005, (Amien) sudah tidak lagi menjadi bagian dari keluarga besar PAN. Oleh karena itu Pak Amien Rais sudah tidak identik lagi dengan PAN," ucapnya.

 

2 dari 2 halaman

PAN dan Partai Ummat Beda

Meski demikian, Viva Yoga menyampaikan ucapan selamat atas berdirinya Partai Ummat. Dia juga menilai ideologi Partai Ummat dan PAN berbeda.

Selain itu, Viva Yoga memastikan saat ini tidak ada satu pun kader PAN di lembaga eksekutif yang menyatakan bergabung di Partai Ummat.

“Karena pertama, menjadi anggota legislatif dan eksekutif melalui kontestasi dan kemenangan elektoral adalah buah dari perjuangan yang tidak mudah. Hal ini menyebabkan mereka berpikir realistis sebagai seorang politisi," tandas dia.