Sukses

8 Desa di Bogor Diterjang Puting Beliung, BPBD Kesulitan Mendata Kerusakan

Liputan6.com, Jakarta - Bencana angin puting beliung kembali melanda wilayah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kali ini, angin kencang dan hujan deras menerjang delapan desa yang tersebar di dua kecamatan yakni Parungpanjang dan Tenjo.

Informasi yang didapat, dampak terjangan angin puting beliung tersebut merusak banyak bangunan rumah dan tempat ibadah. Kerusakan utamanya di bagian atapnya.

Bahkan, sejumlah atap dan kanopi rumah terhempas angin kencang hingga sejauh 20 meter. Selain itu, banyak pohon tumbang dan salah satunya menimpa satu unit mobil Toyota Agya warna hitam.

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Adam Hamdani menyatakan, pihaknya belum bisa mendata rumah rusak akibat bencana hidrometeorologi yang terjadi sekitar pukul 15.30 WIB, Senin (28/9/2020).

"Banyak laporan kerusakan. Cuma pasukan di lapangan belum bisa evakuasi karena banyak kabel listrik putus tertimpa pohon tumbang. Kita utamakan keselamatan semua," terangnya.

2 dari 3 halaman

8 Desa Diterjang Puting Beliung

Laporan yang dia terima dari aparatur di wilayah, tercatat ada delapan desa tersebar di Kecamatan Tenjo dan Parungpanjang yang diterjang angin puting beliung.

"Banyak yang terdampak. Sementara enam desa di Parungpanjang dan dua desa di Tenjo," kata dia.

Dalam sepekan terakhir ini, beberapa wilayah di Kabupaten Bogor diterjang angin puting beliung. Dampak terjangan angin puting beliung dan hujan deras tersebut merusak banyak atap bangunan rumah dan pohon tumbang.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: