Sukses

Mengenal Rahayu Saraswati, Keponakan Prabowo yang Diangkat Jadi Waketum Gerindra

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra menunjuk salah satu kadernya untuk menjadi wakil ketua umum periode 2020-2025. Pilihan tersebut jatuh kepada Rahayu Saraswati, yang tak lain merupakan keponakan dari Prabowo Subianto, sang Ketua Umum. 

Saat ini Saraswati tengah menjalani masa orientasi untuk menjadi Waketum Gerindra. Hal tersebut sekaligus menepis isu jika keponakan Prabowo ini terpapar Covid-19. 

"Terhadap isu calon wakil wali kota Tangerang Selatan Saudari Rahayu Saraswati Djojohadikusumo yang katanya mengidap Covid-19 perlu kami sampaikan bahwa berita itu tidak benar," kata Waketum Demisioner Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Selasa, 15 September 2020.

Dia pun memastikan penunjukkan Rahayu Saraswati sebagai waketum Gerindra tidak akan mengganggu proses yang sedang ia jalani sebagai calon wali kota Tangerang Selatan (Tangsel). 

"Tidak ganggu, karena (orientasi) cuma beberapa hari. Ini kita sampaikan ke media karena diberitakan terkena Covid," ucap Dasco.

Setelah didapuk menjadi wakil sang paman, lantas bidang apa yang akan diduduki oleh perempuan yang akrab disapa Sara ini?

2 dari 6 halaman

Ketua Divisi Advokasi Perempuan

Rahayu Saraswati sebelumnya menjabat sebagai Ketua Divisi Advokasi Perempuan di kepengurusan Partai Gerindra periode 2015-2020. Dia juga pernah menjadi anggota DPR periode 2014-2019.

Gerindra pun telah menyelenggarakan kongres dan menyerahkan struktur kepengurusan partai periode 2020-2025 ke Kementerian Hukum dan HAM.

Sebelum struktur yang baru sah, saat ini baru ada dua pengurus resmi Gerindra, yakni Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum dan Ahmad Muzani selaku Sekretaris Jenderal. 

3 dari 6 halaman

Tengah Jalani Orientasi Partai

Penunjukkan Rahayu Saraswati Djojohadikusumo sebagai Waketum Gerindra juga sekaligus menepis kabar bahwa kepobakan Prabowo ini terpapar Covid-19 dan sedang isolasi mandiri.

Waketum DPP Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan, saat ini Sara sedang mengikuti orientasi partai terkait jabatan barunya tersebut.

"Kemarin ada berita simpang siur Mbak Sara kena Covid-19, tentu kami perlu membantah dan mengatakan, Mbak Sara beberapa hari ini sedang melakukan orientasi di partai sehubungan dengan tugas barunya yang akan menjadi salah satu Waketum DPP Gerindra,” kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (15/9/2020).

Meski telah pasti menjadi Waketum, Dasco belum membeberkan Sara akan menduduki bidang apa di kursi Waketum.

"(Bidangnya) Nanti kita akan lihat setelah SK Kumham keluar," ucapnya.

4 dari 6 halaman

Tak Menyangka Ditunjuk Prabowo, Sang Paman

Terpilih menjadi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Rahayu Saraswati Djojohadikoesoemo mengaku menerima beban tugas dan juga perintah partai.

"Kami dibagi per bidang-bidang, jadi kami menunggu arahan lebih lanjut selagi orientasi," tutur Saraswati kepada Liputan6.com, Selasa, 15 September 2020.

Sara pun sempat tak menyangka bila dipercaya sang paman, Prabowo Subiyanto sebagai wakilnya dalam memimpin partai berlambang kepala burung Garuda tersebut.

"Enggak," singkatnya.

Meski demikian, di tengah kesibukannya di Pilkada Tangerang Selatan, Saraswati akan menerima dan mengemban tugas tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab.

"Dengan posisi dan kekuasaan yang telah Tuhan berikan kepadamu, merupakan kewajibanmu untuk menjadi berkat, menjadi rahmat bagi sesama. Itu adalah salah satu ajaran, prinsip dasar yang ibu saya berikan kepada saya," tuturnya. 

5 dari 6 halaman

Jadi Peserta Terbaik Sekolah Cakada PDIP

Seperti diinformasikan sebelumnya, saat ini Rahayau Saraswati menjadi calon wali kota Tangerang Selatan bersama pasangannya Muhamad. 

Sara juga menjadi salah satu peserta dari kalangan non partai di Sekolah Partai PDI Perjuangan gelombang III.

Usai mengikuti sekolah partai bagi para calon kepala daerah tersebut, keponakan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto ini bahkan berhasil menjadi peserta terbaik kedua dari total 212 orang di Sekolah Calon Kepala Daerah (Cakada) PDIP.

"Yang terbaik kembali didominasi oleh perempuan. Salah satunya adalah keponakan Prabowo, yang juga Calon Wakil Wali Kota Tangerang Selatan, Rahayu Saraswati Djojohadikusumo," ujar Kepala Sekolah Partai PDIP, Komarudin Watubundalam lewat siaran pers yang diterima Rabu (16/9/2020).

Kesuksesan Rahayu adalah hasil dari tes yang dijalaninya, seperti pre-test dan post-test dalam kegiatan yang dimulai sejak Minggu 13 September 2020 lalu.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: