Sukses

Pemerintah akan Atur Tarif Tes Usap Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah akan segera mengatur tarif tes usap atau swab Covid-19, agar tidak terlalu tinggi harganya di setiap fasilitas kesehatan.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Bakti Bawono Adisasmito, dalam konferensi pers, Selasa (18/8/2020).

Menurut dia, dengan diaturnya tarif tes usap tersebut, maka akan memberikan kemudahan bagi masyarakat yang ingin melakukan tes mandiri.

"Kami juga akan segera melakukan pengaturan terhadap harga agar tidak terlalu tinggi," kata Wiku.

Dia pun mengingatkan, bagi pasien positif Covid-19 yang melakukan tes kesehatan di rumah sakit rujukan pemerintah, tidak dipungut biaya atau gratis. Baik itu rapid test maupun swab test.

"Ini menjadi tanggungan pemerintah," jelas Wiku.

 

2 dari 3 halaman

Rumah Sakit

Sejumlah rumah sakit di Jakarta membuka layanan rapid test dan swab PCR Coviod-19 untuk masyarakat. Rapid test dilakukan sebagai skrining terhadap gejala Covid-19.

Tes swab untuk penegakan diagnosis positif Covid-19 atau tidak.

Berikut ini beberapa rumah sakit di Jakarta dengan layanan rapid test dan swab yang dihimpun Health Liputan6.com dari Instagram dan portal resmi rumah sakit yang bersangkutan.

1. RS Kartika Pulomas

Kartika Hospital menggandeng Grab Health untuk mendapatkan layanan rapid test 24 jam, harga sebesar Rp110.000. Kartika Hospital juga menggandeng Halodoc untuk layanan rapid test 24 jam sebesar Rp150.000. Untuk layanan swab sebesar Rp1,5 juta.

2. RS Siloam Group

Jaringan RS Siloam Group hampir berada di seluruh di Indonesia, antara lain di kawasan Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, NTT, NTB, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Jambi.

Paket tes COVID-19 Siloam Hospital Group:

a. Total Antibody Test Optima Rp149.000

b. Total Antibody Test Optima dan Konsultasi Dokter Rp249.000

c. IgG/IgM Antibody Test Prima dan Konsultasi Dokter Rp350.000

Hasil dalam 15 menit. Pengambilan sampel darah dapat melalui hand prick atau intravena.

d. PCR/Swab Test Rp 2.500.000

Hasil tes H+1 (Jabodetabek) dan 3 hari (luar Jabodetabek). Pengambilan sampel melalui hidung atau tenggorokan.

e. PCR/Swab Test Rp 3.500.000

4. RS Pondok Indah

Jaringan RS Pondok Indah membuka layanan rapid test dan swab. Harga layanan rapid test sebesar Rp150.000 dan swab Rp2,3 juta. Hasil tes PCR swab bisa didapatkan di hari yang sama apabila pemeriksaan dilakukan sebelum pukul 12.00 WIB.

5. RS Gandaria

Rapid test di RS Gandaria sebesar Rp150.000. Harga belum dengan Surat keterangan Dokter. Untuk layanan swab, RS Gandaria melayani pemeriksaan home visit. Harga swab sebesar Rp2 juta.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Test Swab