Sukses

Corona di Jatim masih Tertinggi, Target 2 Pekan Jokowi Kendalikan Covid-19 Terancam Meleset?

Target yang diberikan Jokowi sudah masuk hari kesebelas sejak kunjungannya ke Jawa Timur. Meski begitu, hingga kini Jawa Timur masih menjadi daerah dengan kasus positif terbanyak di Tanah Air.

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi memberi target kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk menurunkan angka kasus positif virus Corona (Covid-19) dalam dua pekan.

Hal ini disampaikan Jokowi karena melihat kasus Corona di Jawa Timur terus meningkat signifikan setiap harinya.

"Saya minta dalam waktu 2 minggu ini pengendaliannya betul-betul kita lakukan bersama-sama dan terintegrasi dari semua unit organisasi yang kita miliki di sini," kata Jokowi saat kunjungan kerja ke Jawa Timur, Kamis, 25 Juni 2020.

Target yang diberikan Jokowi sudah masuk hari ke-11 sejak kunjungannya ke Jawa Timur. Meski begitu, hingga kini Jawa Timur masih menjadi daerah dengan kasus positif terbanyak di Tanah Air.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengumumkan kasus positif Corona di Indonesia bertambah sebanyak 1.607, Minggu 5 Juli 2020. Dari tambahan itu, Jawa Timur menjadi daerah dengan angka penambahan tertinggi.

"Provinsi melaporkan penambahan kasus cukup tinggi yang pertama Jawa Timur. Penambahan kasus positif baru sebanyak 552 kasus baru," ujar Yurianto dalam video conference di Youtube BNPB, Minggu sore.

Dengan begitu, maka pasien positif virus Corona di Jawa Timur telah mencapai 14.013 orang, melampaui DKI Jakarta yang sebelumnya menjadi episentrum Covid-19 di Indonesia. Sementara pasien Corona yang telah dinyatakan sembuh di Jawa Timur yakni, 4.892 orang.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Soroti Angka Corona di Jatim

Sebelumnya, Jokowi sangat memberi atensi serius terhadap kasus Corona di Jawa Timur yang terus naik signifikan. Dia meminta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo membantu penanganan virus Corona di Jawa Timur.

Dia juga meminta agar jajarannya konsentrasi menangani penyebaran virus Corona di Jawa Timur, Sulawesi Selatan (Sulsel), dan Kalimantan Selatan (Kalsel). Dengan begitu, angka penyebaran corona di tiga daerah tersebut dapat ditekan.

"Saya ingin kita konsentrasi, Gugus Tugas maupun kementerian, TNI dan Polri utamanya, konsentrasi di tiga provinsi yang angka penyebarannya masih tinggi, yaitu di Jawa Timur, di Sulawesi Selatan, dan di Kalimantan Selatan," kata Jokowi saat memimpin rapat terbatas melalui video conference, Kamis, 4 Juni 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.