Sukses

Pendaftaran UTBK-SBMPTN Resmi Ditutup, Pendaftar Capai 707.588 Siswa

Peserta yang telah menyelesaikan pendaftaran akan diminta untuk mencetak kartu peserta yang akan digunakan sebagai syarat mengikuti ujian UTBK.

Liputan6.com, Jakarta Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama  Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) resmi ditutup Sabtu, 20 Juni 2020. Hingga akhir, jumlah pendaftar UTBK-SBMPTN mencapai 707.588 siswa. 

Menurut akun resmi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) di @ltmptofficial, jumlah tersebut merupakan akumulasi antara peserta yang sudah menyelesaikan pendaftaran dengan mereka yang belum.

Jumlah pendaftar yang telah menyelesaikan pendaftaran sendiri mencapai 692.126 peserta.

"Di hari terakhir pendaftaran UTBK 2020, tercatat sudah ada 707.588 siswa yang memilih pusat pelaksanaan ujian, dan 692.126 siswa diantaranya sudah menyelesaikan proses pendaftaran sampai cetak kartu," tulis @ltmptofficial.

Peserta yang telah menyelesaikan pendaftaran akan diminta untuk mencetak kartu peserta yang akan digunakan sebagai syarat mengikuti ujian UTBK. Dari jumlah yang telah menyelesaikan pendaftaran, sebanyak 547.759 siswa merupakan peserta reguler. Dan 144.367 merupakan peserta KIP Kuliah.

Mereka yang sudah selesai melakukan registrasi akan mendapatkan kartu peserta ujian yang bisa dicetak. Kartu peserta UTBK-SBMPTN dapat dicetak bilamana para pendaftar telah menyelesaikan mengisi data diri.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Bisa Ubah Data

Pihak LTMPT mengimbau para peserta agar senantiasa memperhatikan data yang dimasukkan dalam kolom pendaftaran supaya tak terjadi salah input.

Hal ini mengingat jika peserta sudah memfinalisasi pendaftaran dan mencetak kartu peserta, maka mereka tak bisa mengubah datanya.

"Pastikan isian data anda sudah benar, termasuk pilihan Pusat UTBK dan data disabilitas (tunanetra/tunadaksa). Jika sudah simpan pernaman (cetak kartu), dan sudah tidak dapat diubah lagi," tulis akun itu.

Sebagai informasi, pendaftaran UTBK-SBMPTN dibuka sejak 2 Juni hingga 20 Juni pukul 22.00 WIB mendatang. Sementara tes UTBK akan digelar pada 5 hingga 12 Juli nanti. Dan akan diumumkan kelulusan pada 25 Juli 2020.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.