Sukses

Lantik Pengurus Baru KSPSI, Yorrys Raweyai Tegaskan Buruh Tetap Netral di Pilpres 2024

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ini, Jumat (1/7/2022), Ketua Umum Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Yorrys Raweyai melantik pengurus DPP KSPSI periode 2022-2027.

Pelantikan tersebut berlangsung secara khidmat di JSI Resort Megamendung, Bogor, Jawa Barat dengan suasana yang penuh kekeluargaan.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim pada hari ini saya melantik dan mengukuhkan DPP KSPSI periode 2022-2027. Apakah para pengurus yang berdiri bersama-sama dengan saya siap untuk melaksanakan tugas?," ujar Yorrys Raweyai melalui keterangan tertulis, Jumat (1/7/2022).

"Siap," dijawab secara serentak oleh para pengurus.

Dalam kesempatan tersebut, Yorrys mengatakan, masalah perburuhan dan masalah pekerja tidak akan hilang dalam proses kebangsaan. Untuk itu, lanjut dia, KSPSI selalu berpegang teguh pada misi organisasi yaitu Bina, Lindungi dan Sejahtera.

"Bagaimana kita dengan kepengurusan sekarang ini tetap berkomitmen bersama dengan pemerintah sebagai subjek pembangunan bangsa ke depan. Bagaimana kita secara internal melindungi dan membesarkan anggota," ucap Yorrys.

Terkait sejumlah permasalahan yang terjadi terhadap perburuhan baik secara regulasi, perundang-undangan, hingga masalah global, menurut Yorrys hal tersebut perlunya koordinasi untuk menangani hal tersebut.

Dirinya mengambil contoh terhadap buruh migran yang meninggal dunia di Malaysia berdasarkan laporan dari Koalisi Buruh Migran Berdaulat (KBMB).

"Permalasahan buruh migran tak hanya terjadi di Malaysia saja namun juga di Timur Tengah seperti Arab Saudi atau negara lainnya. Mereka kerap mendapatkan kekerasan ataupun hal yang tidak sewajarnya," terang dia.

"Ini kita perlu berkoordinasi bagaimana menangani masalah perburuhan secara global. Tentu komitmen kami untuk menyelesaikan masalah tersebut. DPP KSPSI di bawah kepemimpinan saya, kami punya komitmen hadir sebagai solusi dalam pengabdian kita sebagai bangsa dan negara," sambung Yorrys.

 

2 dari 2 halaman

Independen di Pilpres 2024

Menurut Yorrys, organisasi yang dipimpinnya tetap independen meski Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024 sudah sebentar lagi.

Ia menegaskan, KSPSI berkomitmen tidak akan ambil bagian dalam politik praktis seperti memberikan dukungan kepada salah satu capres atau cawapres.

"Bahwa kita buruh harus selalu independen, kita ada dimana-mana tapi tidak kemana-kemana dan tetap komitmen terhadap para pekerja itu sendiri. Kita konsisten memperjuangkan program-program pekerja agar ke depan lebih baik," ucap Yorrys.

Yorrys pun tidak memungkiri bahwa pengurus atau anggota KSPSI ada yang menjadi bagian sebuah partai politik, namun hal itu tidak membuat organisasinya tersandera oleh kepentingan politik.

Ia menegaskan, selama dirinya menjadi Ketua Umum KSPI, maka organisasi yang dipimpinnnya tetap netral.

"Sejak saya diberikan kepercayaan sebagai Ketua Umum maka saya tidak akan membawa organisasi buruh ini atau pekerja ini untuk ikut bermain dalam proses-proses pencapresan atau politik praktis ini. Kita buruh harus selalu independen," tegasnya.

Meskipun tidak ada kriteria capres, Yorrys menegaskan bahwa siapapun presiden pilihan rakyat nanti akan didukung oleh KSPSI. Dirinya percaya dengan proses politik ataupun proses demokrasi di Indonesia.

"Siapapun nanti yang dipilih oleh rakyat itu saya pikir itu proses politik, bukan proses kami. Kami akan mendukung siapapun yang dpilih secara demokratis ke depan pada proses Pilpres 2024," tandas Yorrys.