Sukses

Negatif Corona, 359 ABK WNI Explorer Dream Sudah Boleh Pulang

Sedangkan dari 172 ABK MV Amsterdam yang telah diisolasi di hotel, semuanya dinyatakan negatif dan baru akan pulang hari ini.

Liputan6.com, Jakarta Sejauh ini sudah ratusan anak buah kapal (ABK) berkebangsaan warga negara Indonesia (WNI) yang menjalani tes, bahkan diisolasi untuk mencegah penyebaran virus Corona. 

Namun, tak sedikit pula para WNI yang sudah kembali pulang ke rumahnya masing-masing. Hal ini diungkap Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) I Laksdya TNI Yudo Margono dari catatan terbarunya, Selasa 12 Mei 2020 pukul 08.00 WIB. 

Dia menyebut ABK dari Kapal MV Arthania yang dinyatakan negatif sudah diperbolehkan pulang.

"MV Arthania total ada 58 orang, 43 negatif dan pulang, 15 positif rawat inap di Wisma Atlet," kata Yudo saat dikonfirmasi, Selasa (12/5/2020). 

Sementara, MV Explorer Dream ada 359 yang negatif dan sudah pulang. Sedangkan dari 172 ABK  MV Amsterdam yang telah diisolasi di hotel, semuanya dinyatakan negatif dan baru akan pulang hari ini.

"MV Quantum Of The Seas total ada 93 orang masih di isolasi di hotel dan menunggu hasil swab. Hal ini juga berlaku sama dengan MV Wind Spirit, yang berjumlah 30 orang. Dan MV Viking Orion berjumlah 42 orang," tutur Yudo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

ABK WNI Costa Cruise, 8 Negatif Corona

Untuk MV Costa Cruise, total ada 8 orang yang dinyatakan negatif Corona dan semuanya masih diisolasi di hotel.

"Untuk MV Long Xing 14 orang semuanya isolasi," jelasnya. 

Sementara itu, MV Freedom dan Carnival berjumlah 211 orang. "12 positif Covid, 199 ODP. Semuanya rawat inap di Wisma Atlet," tuturnya.

Dan terakhir, ada satu ABK dari MV Poluma Portugal yang dinyatakan positif. "Positif Covid dirawat inap di Wisma Atlet," ujarnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.