Sukses

Ratusan Pelanggaran Saat PSBB di Kota Bekasi, Mayoritas Tak Pakai Masker

Ketua Gugus Tugas Satgas Covid-19 Kota Bekasi juga memberi imbauan kepada para pengendara yang masih kedapatan tidak menggunakan helm dan masker.

 

Liputan6.com, Bekasi - Ratusan pelanggaran ditemukan petugas yang berjaga di titik check point Bantargebang, Kota Bekasi, yang berbatasan dengan Cileungsi, Bogor. Para pelanggar masih diberikan teguran tertulis, di hari ketiga pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Jumlah pelanggaran hari ini tercatat ada 188," kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kota, AKBP Ojo Ruslani, kepada Liputan6.com, Jumat (17/4/2020).

Mayoritas pelanggaran terdapat pada pengendara yang tidak memakai masker sebanyak 102 orang, penumpang tidak memakai masker 43 orang, berboncengan 35 sepeda motor, dan muatan melebihi aturan sebanyak 8 kendaraan.

"Masih kita beri teguran tertulis, belum tindakan tegas," ujar Ojo.

Sejumlah Forkopimda ikut mengecek ke lokasi, salah satunya Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto. Tri ingin memastikan masyarakat khususnya Kota Bekasi sudah mengetahui dan paham perihal aturan PSBB.

"Kita ingin PSBB berjalan sesuai aturan yang berlaku. Ini yang harus terus dipantau dan ditertibkan, khususnya bagi pengguna kendaraan bermotor," ujar Tri.

Ketua Gugus Tugas Satgas Covid-19 Kota Bekasi itu juga memberi imbauan kepada para pengendara yang masih kedapatan tidak menggunakan helm dan masker. Kondisi ini masih dimaklumi Tri, mengingat PSBB baru tiga hari diterapkan di Kota Bekasi.

"Masih banyak warga dari luar yang belum mengetahui soal PSBB yang sedang berjalan di Kota Bekasi saat ini," jelas Tri.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tindak Tegas

Oleh karena itu, Tri meminta petugas di setiap titik check point untuk menindak tegas para pengendara yang melanggar aturan PSBB di hari-hari berikutnya.

"Kita akan tindak lebih tegas, agar pengendara lebih tertib dalam menyikapi bahaya Covid-19," imbuhnya.

Selain Bantargebang, ada 5 titik check point PSBB yang juga ditinjau. Di antaranya perbatasan Giant Bekasi Utara, Taman Kebalen Bekasi Utara, perbatasan Bekasi Timur-Tambun, Kalimalang, dan Jatisampurna.

Di seluruh lokasi tersebut, Tri pun menyempatkan diri meninjau dapur umum yang disediakan untuk memenuhi kebutuhan makan siang warga Kota Bekasi, khususnya para petugas gabungan yang berjaga di titik-titik perbatasan.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.