Sukses

Ketua DPRD DKI: Tugas Utama Riza Patria Saat Ini Tangani Covid-19

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi menyatakan tugas prioritas Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria saat ini yakni ikut serta dalam menangani virus corona atau Covid-19.

"Sekarang Wagub yang baru ini punya kewajiban khusus untuk menangani masalah corona. Ini nomor satu yang harus dilakukan, bagaimana soal penanganannya," kata Prasetio saat dihubungi, Rabu (15/4/2020).

Dia dia juga meminta Riza mengawasi betul terkait pendistribusian bantuan sosial (bansos) sembako kepada masyarakat miskin dan rentan miskin di Jakarta. Selain itu Prasetio juga mengingatkan permasalahan lain di Jakarta selama dia mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin Ibu Kota. Yakni mulai dari masalah macet hingga banjir.

"Ketika dua masalah itu beres maka semua akan beres. Perekonomian menggeliat, iklim investasi bagus, maka langsung dampaknya terjadi tuh pada peningkatan PAD," jelasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Riza Patria sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Negara Jakarta, Rabu (15/4/2020). Politisi Partai Gerindra mengisi kursi Wagub DKI yang kosong hampir dua tahun sejak ditinggal Sandiaga Uno.

Riza Patria dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 40/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta sisa masa jabatan 2017-2022.

2 dari 3 halaman

Jalani Prosesi Kirab

Jokowi diikuti Riza Patria melakukan prosesi kirab dari Istana Merdeka menuju Istana Negara. Mereka tiba di Istana Negara sekitar pukul 13.10 WIB, pelantikan dimulai.

Jokowi kemudian membimbing Riza Patria mengucapkan sumpah jabatan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," ujar Riza Patria mengikuti ucapan Jokowi.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: