Sukses

Wabah Corona Covid-19, Komisi X Minta Pemerintah Tunda Pelaksanaan PON 2020

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta pemerintah untuk menunda pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2020 di Papua.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda meminta pemerintah untuk menunda pelaksanaan Pekan Olah Raga Nasional (PON) 2020 di Papua. Dengan kian masifnya penyebaran wabah virus Corona (Covid-19) perhelatan pesta terbesar olah raga nasional yang dijadwalkan pada September 2020 mendatang tidak mungkin lagi bisa dilaksanakan.

"Kami meminta agar pemerintah segera memberikan kepastian atas penundaan pelaksanaan PON Papua. Jangan sampai dengan para pemangku kepentingan (stake holder) olah raga nasional mulai dari atlet, pelatih, dan official cabang-cabang olah raga terkatung-katung menunggu kepastian pelaksanaan PON," ujar Huda di Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Dia menjelaskan perkembangan penyebaran Covid-19 di berbagai daerah di Indonesia kian mengkhawatirkan. Saat ini sudah 24 provinsi yang telah terpapar wabah Covid-19. Selain itu jumlah pasien positif Corona juga telah mencapai 1.046 orang.

Kondisi ini membuat sejumlah program latihan para atlet dari berbagai daerah menjadi terganggu. Padahal program latihan sebuah cabang olah raga disusun sedemikian rupa sehingga pada saat perhelatan, atlet bisa mencapai puncak performa (peak performance).

"Jika program latihan ini terganggu karena Corona maka bisa dipastikan performa atlet pada saat pelaksanaan PON juga bakal terganggu," katanya.

Selain persiapan atlet terganggu, lanjut Huda, penyebaran Covid-19 juga menganggu persiapan kesiapan venue. Apalagi saat ini Pemprov Papua sebagai Panitia Besar (PB) PON telah menutup bandar udara maupun pelabuhan untuk mencegah penularan Covid-19 yang mungkin dibawa traveller dari luar daerah.

"Padahal informasi terakhir masih ada beberapa venue yang masih belum siap sehingga perlu dikebut pengerjaannya. Kalau bandara dan pelabuhan ditutup artinya ada ahli atau bahan venue yang tidak bisa masuk ke Papua sehingga mengganggu proses penuntasan pengerjaan venue,” ungkap dia.

 

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ditunda 1 Tahun

Politikus PKB ini mengusulkan agar pelaksanaan PON Papua ditunda selama satu tahun. Dengan demikian baik atlet maupun pihak penyelenggara bisa mendapatkan kepastian waktu pelaksanaan PON tanpa terganggu Covid-19.

"Banyak event olah raga di tingkat regional maupun internasional yang juga ditunda akibat Covid-19 seperti Olimpiade Jepang 2020 maupun Piala Eropa 2020. Rata-rata event tersebut ditunda hingga 2021. Jadi tidak ada salahnya jika PON Papua 2020 ditunda hingga satu tahun mendatang," tandasnya.

Reporter: Wilfridus Setu Embu

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.