Sukses

Pemkab Pati Lacak Warga yang Kontak dengan Anggota DPR Imam Suroso

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDIP Imam Suroso berstatus PDP Corona sebelum meninggal dunia di RSUP Kariadi Semarang, Jawa Tengah, Jumat (28/3/2020).

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Pati, Jawa Tengah, terus melacak warganya yang mempunyai riwayat kontak langsung dengan Anggota Komisi IX DPR Imam Suroso yang meninggal karena dugaan paparan virus Corona jenis baru. Imam sendiri berstatus sebagai pasien dalam pengawasan Covid-19.

"Setelah mendapatkan informasi bahwa almarhum berstatus pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 dari Dinas Kesehatan Provinsi Jateng Jumat (27/3/2020) malam, kami langsung berkoordinasi dengan tim penanganan Covid-19 untuk melakukan pelacakan," kata Ketua Gugus Tugas Covid-19 Pati Suharyono, di Pati, Sabtu (28/4/2020) seperti dilansir Antara.

Menurut informasi, lanjut dia, Imam Suroso sempat menggelar acara bakti sosial dengan membagikan masker dan cairan penyanitasi tangan kepada masyarakat di Desa Winong serta di Pasar Puri Pati pada 20 Maret 2020.

Selain itu, almarhum sempat menggelar acara bakti sosial pengobatan gratis.

Oleh karena itu, Suharyono meminta, tim Covid-19 Pati melakukan pelacakan warga yang pernah kontak dengan Imam Suroso, termasuk tim medis dari Rumah Sakit Mitra Bangsa Pati maupun wartawan yang mengikuti kegiatan tersebut.

"Untuk tim medis dari RS Mitra Bangsa, kami optimistis paham dan langsung mengisolasi diri. Sedangkan masyarakat perdesaan tentunya harus dilacak agar tidak sampai melakukan kontak dengan orang lainnya," ujar Suharyono.

 

**Ayo berdonasi untuk perlengkapan medis tenaga kesehatan melawan Virus Corona COVID-19 dengan klik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Warga Isolasi Diri

Suharyono berharap warga yang mengetahui informasi bahwa almarhum Imam Suroso adalah PDP corona untuk segera mengisolasi diri selama 14 hari dan jika ada gejala demam maupun batuk, disarankan untuk periksa ke dokter.

Atas peristiwa tersebut, Suharyono mengakui harus bekerja keras karena dimungkinkan terjadi kontak secara berantai, terutama dari pedagang pasar yang sebelumnya pernah kontak dengan almarhum saat pembagian masker dan penyanitasi tangan karena mereka juga melakukan kontak dengan pembeli.

Almarhum Imam Suroso, anggota Komisi IX DPR dari Fraksi PDI Perjuangan meninggal dunia setelah sempat menjalani perawatan di RSUP Kariadi Semarang, Jawa Tengah pada Jumat (27/3).

Pihak keluarga sendiri langsung memakamkan almarhum di dekat tempat kediamannya Pati pada Jumat (27/3) malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.