Sukses

Potret Kota Solo Saat Berselimut Abu Merapi

Bandara Internasional Adi Soemarmo bahkan sempat ditutup selama 1 jam akibat landasan pacu yang diselimuti abu Gunung Merapi.

Liputan6.com, Jakarta - Sebaran abu Gunung Merapi tak hanya sempat menggangu sejumlah penerbangan, namun juga menjangkau wilayah-wilayah yang terbilang cukup jauh dari Gunung Merapi.

Saat erupsi Gunung Merapi terjadi, sekitar pukul ukul 05.22 WIB, tebarannya bahkan mencapai Kota Solo yang jaraknya mencapai 40 kilometer.

Hujan abu masih terus terjadi hingga pukul 09.00 WIB.

"Ini hujan abu tipis dari tadi jam 8.00 WIB. Kita harusnya pakai masker, tapi nggak ada yang jual," keluh Heru Santosa, warga Solo Baru saat itu.

Bandara Internasional Adi Soemarmo bahkan sempat ditutup selama 1 jam akibat landasan pacu yang diselimuti abu Merapi.

Lantas, seperti apa penampakan Kota Solo saat hujan abu mengguyur tempat kelahiraan Presiden Joko Widodo atau Jokowi? 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kondisi lalu lintas Kota Solo usai diguyur abu Merapi. Meski terbilang lancar, baik roda 2 dan 4 menyalakan lampu kendaraan karena minimnya penghilatan.

3 dari 4 halaman

Usai abu melanda Kota Solo, warga tetap beraktivitas normal. Agar tidak mengganggu pernafasan, warga mengenakan masker saat melakukan aktivitas di luar rumah.

4 dari 4 halaman

Guyuran abu Merapi usai erupsi terlihat jelas dalam foto di bawah ini. Abu yang menempel pada mobil terparkir di jalan terlihat sangat tebal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.