Sukses

Anies Sebut Jak Lingko Bentuk Kolaborasi BUMD dan Transportasi

Anies Baswedan mengapresiasi adanya penerapan sistem perbankan milik BUMD DKI pada sektor transportasi publik di antaranya yakni MRT, LRT hingga Transjakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi adanya penerapan sistem perbankan milik BUMD DKI pada sektor transportasi publik di antaranya yakni MRT, LRT hingga Transjakarta.

"Penerapan transportasi publik di DKI Jakarta dilakukan oleh Transjakarta, MRT Jakarta, dan LRT Jakarta. Yang menyatukan adalah perbankan yaitu Bank DKI," kata Anies di Hotel Mercure, Jakarta Utara, Sabtu (22/2/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menilai, hal tersebut merupakan bentuk kolaborasi antara BUMD dengan sektor transportasi. Dia juga menyebut Jakcard ataupun Jak Lingko dari Bank DKI dapat mampu menjadi alat pembayaran transportasi yang terintegrasi.

"Kolaborasi seperti ini juga berlaku untuk pelayanan bidang pangan dan pariwisata," tutur Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Layanan Cepat dan Praktis

Sementara itu, Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Herry Djufraini menyatakan saat ini masyarakat sudah mulai membutuhkan layanan yang cepat dan praktis. Seperti halnya pembayaran non tunai atau cashless.

Jakcard merupakan alat pembayaran non-tunai yang dapat digunakan masyarakat saat menggunakan transportasi umum ataupun beberapa lokasi wisata.

"Seiring perkembangan teknologi, sebagian masyarakat kemudian memilih pindah haluan, sebagian lagi masih mencoba-coba hidup cashless, sambil tetap memakai uang tunai," jelasnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.