Sukses

Ibas Harap Kredit Usaha Rakyat Dorong Ekonomi Nasional

Liputan6.com, Jakarta Ketua Fraksi Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) menghadiri Kunjungan Kerja Spesifik Komisi VI DPR RI di Cirebon. Pada kunjungannya, Ibas mengapresiasi Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA) yang telah berhasil menjalankan kebijakan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

"Saya senang, KUR ini adalah produk kebanggaan bangsa kita. Inisiasi yang dilakukan sejak tahun 2007, perjalanan hingga saat ini sekitar 13 tahun. Tentu banyak tantangan dan juga tidak sedikit peluang yang kita dapatkan dari program yang sangat bersentuhan langsung dengan masyarakat. KUR ini bukan dinilai hanya sebatas uang, namun secara filosofi KUR ini merupakan upaya untuk menyelesaikan masalah ekonomi, sesuai dengan tujuan utama KUR yaitu mengentaskan kemiskinan"kata Ibas dalam keterangannya, Minggu (9/2/2020).

Ibas menjelaskan bahwa program KUR yang merupakan inisasi Presiden SBY, harapannya kedepan program itu memperluas usaha-usaha dan mengurangi angka pengangguran secara merata di Indonesia.

"Saya melihat perkembangan selama 13 tahun ini, jangkauan sudah merata. Bahkan tidak sedikit 60% KUR dikelola oleh kaum perempuan. Dapat dibayangkan apabila KUR semakin di kelola maksimal dan kita dapat memastikan produk-produk unggulan yang dekat dengan kita seperti one vilage one product seperti contohnya Mitra Sehat UMKM di pacitan muntuk meningkatkan ekonomi kita"katanya.

Pimpinan Banggar DPR RI itu juga berharap pelaksanan KUR kedepan tetap bertahan dan harus lebih baik. "Terbukti hari ini program KUR masih dilanjutkan oleh pemerintahan Presiden Jokowi," tandasnya.