Sukses

Jadi Sekjen PMI, Sudirman Said Janji Perkuat Program Kerelawanan

Menurut Sudirman, program-program itu mendapat apresiasi dan bahkan didorong untuk terus ditingkatkan oleh Menteri Kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Sekretaris Jenderal (Sekjen) Palang Merah Indonesia (PMI) yang baru, Sudirman Said, menegaskan PMI akan terus memperkuat program kerelawanan seperti Palang Merah Remaja (PMR) dan Korps Suka Rela (KSR).

Menurut Sudirman Said, program-program itu mendapat apresiasi dan bahkan didorong untuk terus ditingkatkan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI Terawan Agus Putranto, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak.

Hal itu disampaikan Sudirman usai menggelar audiensi dengan Menkes saat memperkenalkan jajaran kepengurusan baru PMI yang dilantik pada Senin (20/01/2020).

“Pak Menkes sangat mengapresiasi keberadaan PMR dan KSR. Beliau mengharapkan kedua program itu terus ditingkatkan kegiatannya,” kata Sudirman Said di Kantor Kementerian Kesehatan, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu, 20 Januari 2020.

Sudirman yang datang bersama pimpinan Unit Transfusi Darah Nasional (UTDN) PMI itu, menjelaskan struktur dan mekanisme kerja PMI dalam memenuhi kebutuhan darah masyarakat.

Merespons hal itu, Menkes menyatakan siap mensuport program kerja Sehinga PMI dapat menjalankan perannya dengan baik dalam menyediakan kebutuhan masyarakat akan darah.

“Dan tadi Pak Menkes langsung menyatakan komitmennya untuk membantu PMI dalam menjalankan tugasnya memenuhi kebutuhan masyarakat akan darah, ” terang Sudirman lagi.

Bahkan, lanjut Sudirman, Menkes juga bersedia menjembatani kerjasama atau kemitraan antara PMI dengan para pihak-pihak di lingkup Kementerian Kesehatan, seperti dengan BUMN kesehatan, terkait program fraksionasi darah, atau pengolahan darah dengan cara memilahnya untuk menghasilkan produk-produk farmasi, seperti obat-obatan.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Langsung Tancap Gas

Pascapelantikan menjadi Sekjen PMI Sudirman Said mengaku langsung tancap gas bekerja.

Pada Selasa (21/01), mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabinet Kerja itu mengunjungi kantor UTDN di Lenteng Agung, Jakarta Selatan. Di sana,m Sudirman menjelaskan mengenai manajemen suplai dan distribusi darah secara nasional.

Menurut Sudirman, audiensi seperti yang dilakukan dengan Kemenkes akan terus dilanjutkan dengan pihak-pihak lainnya, baik dalam rangka menjajagi kerjasama maupun sosialisasi aktivitas dan program PMI.

Dia menegaskan, keberadaan PMI harus menjadi organisasi sosial dan kemanusiaan yang kuat juga terpercaya.

“PMI adalah ladang amal yang luas, tempat kita dapat membantu sesama dalam prinsip kesetaraan, kesamaan, kenetralan, kesatuan dan kesemestaan,” pungkas Sudirman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.