Sukses

Top 3 News: Waspada Banjir dan Longsor Intai Yogyakarta Sepekan ke Depan

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini, potensi bencana hidrometeorologi diperkirakan akan terjadi di Yogyakarta sepekan ke depan. Hal ini diungkap Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) dalam keterangan tertulisnya, Senin 6 Januari kemarin.

Apa itu bencana hidrometeorologi? Ini adalah bencana yang dipicu akibat curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat. Antara lain angin kencang, tanah longsor, banjir, dan banjir bandang.

Menurut Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Mlati Yogyakarta Reni Kraningtyas, kondisi tersebut disebabkan meningkatnya pola tekanan rendah di wilayah belahan bumi selatan (BBS) mengindikasikan terjadinya peningkatan aktivitas Monsun Asia yang dapat menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia. Salah satunya di Yogyakarta.

Lantas daearah mana saja yang berpotensi hujan lebat di Yogyakarta? 

Berita lainnya yang tak kalah menyorot perhatian pembaca Liputan6.com adalah lahirnya anak pertama Ahok dan Puput, pada Senin kemarin di RSIA Bunda, Menteng. Ahok dan sang istri memberinya nama Yosafat Abimanyu Purnama.

Lewat akun Instagramnya, Djarot Saiful Hidatyat mengucapkan selamat kepada Ahok dan Puput. Mantan wakil Ahok ini juga menggunggah foto bersama Ahok dan Puput yang masih terbaring di ranjang rumah sakit. 

Momen saat Ahok menggendong putranya juga sempat diabadikan oleh anggota DPRD DKI Jakarta dari PDIP Ima Mahdiah. Dia pun juga memberi ucapan selamat dan doa terhadap Ahok atas kelahiran sang putra.

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Senin, 6 Januari 2020:

2 dari 5 halaman

1. BMKG Ingatkan Ancaman Bencana Hidrometeorologi di Yogyakarta Sepekan ke Depan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat Yogyakarta untuk mewaspadai potensi bencana hidrometeorologi yang diperkirakan terjadi di daerah itu sepekan ke depan.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Mlati Yogyakarta Reni Kraningtyas menjelaskan, analisis kondisi dinamika atmosfer terkini menunjukkan masih adanya potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia, termasuk DIY untuk sepekan ke depan.

Menurutnya, berkurangnya pola tekanan rendah di belahan bumi utara (BBU) dan meningkatnya pola tekanan rendah di wilayah belahan bumi selatan (BBS) mengindikasikan terjadinya peningkatan aktifitas Monsun Asia yang dapat menyebabkan penambahan massa udara basah di wilayah Indonesia.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2. Penampakan Ahok Gendong Yosafat Abimanyu Purnama

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan kembali dikaruniai anak. Istri Ahok, Puput Nastiti Devi melahirkan seorang putra yang diberi nama Yosafat Abimanyu Purnama.

Sejumlah rekan dan kolega Komisaris Utama Pertamina ini pun turut datang membesuk.

Salah satunya dari Djarot Saiful Hidayat. Dalam akun instagramnya, mantan pendampingnya di Pemprov DKI Jakarta ini mengucapkan selamat kepada Ahok dan Puput.

Darot juga menggunggah foto bersama dengan Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi dan anggota DPRD DKI Jakarta dari PDIP Ima Mahdiah yang juga membesuk putra Ahok.

Sementara itu, dalam akun twitternya, Ima Mahdiah mengunggah foto Ahok tengah menggendong Yosafat. 

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

3. Kenalkan Putra Pertama Ahok - Puput, Yosafat Abimanyu Purnama

Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok kembali dikaruniai anak lelaki. Istri Ahok, Puput Nastiti Devi dikabarkan telah melahirkan.

Anak Ahok dan Puput berjenis kelamin laki-laki. Namanya adalah Yosafat Abimanyu Purnama.

Ahok dan Puput menikah pada 25 Januari 2019 silam. Sebelumnya, Ahok sudah menjalani acara mitoni atau syukuran tujuh bulanan kehamilan istrinya pada Minggu, 27 Oktober 2019.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: