Sukses

Gubernur Anies: Besok Sistem Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan

Peniadaan sistem ganjil genap ini merupakan dampak banjir yang terjadi di sejumlah titik di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, kebijakan pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil genap akan ditiadakan pada Kamis 2 Januari 2019 besok. Hal itu menyusul dampak banjir yang terjadi di sejumlah titik Jakarta.

"Kebijakan ganjil genap memang besok ditiadakan karena kita menyadari sebagian kawasan-kawasan yang ada di Jakarta itu belum tentu bisa dilewati oleh masyarakat," kata Anies di Pintu Air Manggarai, Rabu (1/1/2020) malam.

Dilansir Antara, Anies menyebut, sistem ganjil genap bisa saja kembali diberlakukan pada hari berikutnya, Jumat 3 Januari 2020 jika proses pemulihan fasilitas umum di Jakarta yang terdampak banjir sudah rampung.

"Besok tidak ada. Tapi buat lusa belum ada keputusan, statusnya kalau lusa masih ada ganjil genap. Jadi hari Kamis enggak ada ganjil genap. Tapi Jumat bisa jadi udah ada kalau kondisi kondusif," kata Anies.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gunakan Transportasi Umum

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyarankan masyarakat untuk menggunakan transportasi umum dibandingkan membawa kendaraan pribadi. Sebab, masih banyak daerah yang terdampak banjir dan mengalami kelumpuhan jalur lalu lintas.

"Saya anjurkan untuk mengurangi kendaraan bermotor di jalan raya sampai seluruh kawasan memang sudah bebas dari genangan banjir hingga tidak terjebak dalam banjir," ujar Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.