Sukses

Puluhan Ribu Wisatawan Sambangi Kebun Binatang Ragunan

Pihaknya optimistis jumlah kunjungan Ragunan akan meningkat hingga mencapai puncaknya pada 1 Januari 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan ramai dikunjungi wisatawan. Jumlah pengunjung mencapai 92.880 orang pada Minggu (29/12/2019).

"Untuk hari ini jumlah pengunjung mencapai 90 ribuan lebih, cukup meningkat dibanding minggu biasanya," kata Kepala Satuan Pelaksana Promosi dah Pengembangan Masyarakat Taman Margasatwa Ragunan, Ketut Widarsana saat dikonfirmasi Antara di Jakarta, Minggu.

Menurut Ketut, terjadi lonjakan pengunjung cukup signifikan di hari menjelang pergantian tahun. Pada Minggu 22 Desember 2019, jumlah pengunjung Ragunan mencapai 59.143 kunjungan. Jika dibandingkan dengan hari Minggu biasa, rata-rata pengunjung di angka 50 ribu.

"Menurut kami pengunjung di atas 50 ribu sudah agak banyak, peningkatan signifikan. Ukurannya 50 ribu hari Minggu biasa. Minggu ini terjadi lonjakan yang signifikan," kata dia.

Ketut mengatakan, pihaknya telah mengantisipasi lonjakan pengunjung dengan meningkatkan pelayanan, menambah jumlah petugas pelayanan dan membuka sekitar 50 pintu loket. Begitu juga dengan tempat parkir baik untuk roda dua maupun roda empat tertampung dengan baik.

"Pengunjung 90 ribu sudah terlayani semua dalam artian tidak ada dibatasi jumlahnya terlayani, kita siapkan kantong parkir roda dua dan empat, semua terakomodir," kata Ketut.

Bila dibandingkan dengan tahun 2018, jumlah pengunjung Ragunan di hari Minggu justru lebih tinggi, yakni mencapai 120 ribu pengunjung.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Faktor Hujan

Menurut Ketut, penurunan ini disebabkan oleh faktor cuaca. Hujan turun mengguyur wilayah Jakarta pagi harinya.

"Memang kalau dibandingkan Minggu tahun lalu jumlah kunjungan di angka 120 ribu, tahun ini menurun," kata Ketut.

Namun, lanjut Ketut, pihaknya optimistis jumlah kunjungan Ragunan akan meningkat hingga mencapai puncaknya pada 1 Januari 2020.

Puncak tertinggi pengunjung Taman Margasatwa seluas 147 hektare tersebut mencapai 150 ribu orang pengunjung.

"Hampir setiap tahun baru itu jumlah pengunjung rata-rata 100 ribuan, puncak tertinggi itu tembus 150 ribu," kata Ketut.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.