Sukses

Mahfud Md: Saya Sudah Bicara dengan Dubes China Tentang Uighur

Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, dirinya sudah berbicara dengan Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, secara langsung terkait Uighur.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, dirinya sudah berbicara dengan Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, secara langsung terkait Uighur.

Diketahui, Mahfud memang sudah bertemu secara tertutup di kantornya 5 Desember 2019 yang lalu.

"Saya sudah bicara dengan Dubes China tentang Uighur khusus. Saya tanya tentang Uighur. Orang Indonesia banyak bertanya, banyak protes," ujar Mahfud di kantornya, Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Menurut dia, di China banyak sekali para pemeluk agama Islam.

"Kecuali Uighur, karena Uighur mempunyai agenda sendiri di luar kerangka negara," ungkap Mahfud.

Karena itu, kata dia, semua diserahkan kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk menanganinya.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lihat Langsung

Sebelumnya, Duta Besar China untuk Indonesia, Xiao Qian, mempersilakan masyarakat Indonesia untuk melihat langsung kondisi muslim di Uighur, China. Dia menampik adanya pemberitaan adanya tindakan intimidasi dan aksi kekerasan oleh pemerintah China.

Duta Besar memastikan wilayah Xinjiang, kawasan yang banyak ditempati muslim Uighur, kondisinya aman.

"Silakan jika ingin berkunjung, beribadah, dan bertemu dengan masyarakat muslim Uighur. Persoalan di Xinjiang sama dengan kondisi dunia lain. Ini upaya kami memerangi radikalisme dan terorisme,” ucap Xiao Qian saat bertemu Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP), Moeldoko, di Kompleks Istana Kepresiden Jakarta, Rabu 18 Desember 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.