Sukses

Profil Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Termuda yang Urus Pariwisata

Angela Tanoesoedibjo menjadi satu-satunya Wakil Menteri wanita yang dilantik pada hari ini.

Liputan6.com, Jakarta - Angela Tanoesoedibjo dipercaya sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Angela Tanoesoedibjo pun dilantik bersama dengan 11 wakil menteri lainnya di Istana Negara, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Angela merupakan anak sulung dari pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanoesoedibjo. Sang ayah adalah pengusaha yang juga Ketua Umum Partai Perindo.

Ia menjadi satu-satunya wakil menteri wanita yang dilantik pada hari ini. Angela juga merupakan yang termuda dalam Kabinet Indonesia Maju.

Berikut profil singkat Angela Tanoesoedibjo, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif:

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendidikan

Angela menyelesaikan Bachelor of Arts in Communications (Media Arts and Productions) dari Universitas Teknologi Sydney, Australia pada 2008.

Angela kemudian mendapat gelar Master of Commerce dalam bidang Keuangan dari Universitas New South Wales Australia pada 2010.

 

3 dari 4 halaman

Jejak Karier

Angela aktif di dunia profesional dengan merintis kariernya dari bawah. Pada 2008 sebelum lulus kuliah, ia telah menjadi salah satu pendiri dan Editor in Chief di HighEnd Magazine dan HighEnd Teen Magazine.

Usai menyelesaikan studinya, Angela kemudian menjabat sebagai staf keuangan MNC Group pada 2010. Dua tahun kemudian, tepatnya 2012 Angela didaulat menjadi Co-Managing Director di MNC Channel.

Kariernya di dunia pertelevisian kian bersinar. Dia berhasil menduduki kursi Managing Director Global TV pada 2014.

Angela kemudian ditunjuk sebagai Direktur Perseroan MNC Group sejak Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 30 September 2016 dan dinyatakan dalam Akta Penyataan Keputusan Rapat Nomor 70 tanggal 30 September di tahun yang sama.

Berselang 4 tahun, wanita 32 tahun ini diangkat menjadi Managing Director RCTI dan GTV pada Maret 2018.

 

4 dari 4 halaman

Karier Politik

Dalam struktur pengurus Partai Perindo, Angela Tanoesoedibjo menduduki posisi Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen). 

Angela mencoba peruntungannya di dunia politik dengan maju sebagai caleg di Pileg 2019 dari Perindo Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo. Namun langkahnya harus berhenti karena Angela hanya meraup 30.707 suara.

Perindo juga gagal menembus ambang batas parlemen sebesar 4 persen. Perindo hanya memperoleh 3.738.320 suara atau 2,67 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.