Sukses

Said Aqil: NU dengan PDIP Sangat Bersahabat

Said Aqil mengatakan, persahabatan antara santri dan kelompok nasionalis diceritakan sudah terjalin dengan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Sekjen PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto bersilaturahmi ke Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqasah, Ciganjur, Jakarta Selatan. Ponpes ini dibina langsung oleh Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj.

Kedatangan Hasto disambut oleh Ketua PBNU Said Aqil Siradj. Bersama ratusan santriwan dan santriwati, keduanya memberikan sambutan.

"Kami sowan datang ke pondok pesantren ini dan juga sekaligus mengucapkan terimakasih atas persaudaaraan yang selama ini dibangun dengan baik," kata Hasto di Aula Ponpes Luhur Al Tsaqasah, Ciganjur, Jakarta Selatan, Selasa 8 Oktober 2019. 

Said Aqil mengatakan, persahabatan antara santri dan kelompok nasionalis diceritakan sudah terjalin dengan baik, khususnya detik-detik menuju kemerdekaan. Begitu pun dengan persahabatan antara Nahdlatul Ulama dengan PDIP.

"Antara NU dengan PDIP yang nasionalis sangat-sangat bersahabat. Jika seandainya tidak bergandengan santri dan nasionalis, belum tentu merdeka Indonesia," kata Said Aqil.

Ia pun bercerita, dahulu Presiden RI Pertama, Soekarno selalu meminta masukan dari para kiai NU. Salah satunya adalah Wahab Chasbullah yang ditemui Bung Karno pada 1948.

Menurut Said Aqil, saat itu, kondisi negara sedang terancam perpecahan. Dari keduanya, lahirlah istilah halal bihalal yang hingga saat ini masih dijalankan.

"Saat itu terminologi halal bihalal muncul dari Kiai Wahab untuk menjawab permintaan Bung Karno untuk adanya silaturahmi antartokoh," tutur Said Aqil.

Menurut Said Aqil, yang sangat penting adalah NU dan nasionalis sudah ada sejak NKRI berdiri. "Bahwa NKRI, Pancasila, dan UUD 1945 sudah final. Maka lebih baik kita isi saja kemerdekaan ini dengan amal-amal Islam," jelasnya. 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

PDIP Tidak Anti Islam

Sementara, Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto mengatakan, ada sejarah panjang antara Nasionalis dengan Nahdliyin.

"Ketika Soekarnois dan Nahdliyin bersatu, banyak pihak tidak senang. Kita harus menjawab tantangan ini bersama-sama," kata Hasto.

Dengan adanya fakta tersebut, Hasto memastikan bahwa isu yang menyebut bahwa PDIP anti terhadap Islam adalah tidak benar.

"Maka fitnah bahwa PDI Perjuangan anti Islam sudah jelas tak benar. Bagaimana mungkin anti Islam, terbukti PDI Perjuangan dekat dengan NU," tutupnya.

Selain Hasto, silaturahmi antara PDIP dengan santri Pondok Pesantren Al Tsaqofah ini juga dihadiri oleh sejumlah kader partai seperti Ketua Pencak Silar NU Pagar Nusa Gus Nabiel Haroen, Sekjen Baitul Muslimin Indonesia Gus Falah Amru yang hadir bersama Wasekjennya Rahmat Sahid, dan beberapa anggota DPRD DKI Jakarta.

 

Reporter: Nur Habibie

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.