Sukses

SBY Harap Pidato Kontemplasinya Didengar Jokowi

SBY meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan pidato kontemplasi dirinya sebagai masukan.

Liputan6.com, Jakarta - Di hari ulang tahunnya yang ke-70, Mantan Presiden RI ke-6, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) membacakan pidato Kontemplasinya di Puri Cikeas, Bogor, Senin (9/9/2019).

Dalam kesempatan itu, Ketua Umum Partai Demokrat tersebut meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menjadikan pidato kontemplasi dirinya sebagai masukan.

"Saya menitipkan harapan kepada Bapak Presiden Jokowi beserta jajaran pemerintahan yang beliau pimpin, agar kiranya materi kontemplasi yang saya sampaikan, dapat melengkapi agenda, kebijakan dan langkah tindakan yang diambil oleh negara dan pemerintahan mendatang," ucap SBY di Puri Cikeas, Bogor, Senin (9/9/2019).

Ia juga mengakui bahwa untuk membangun suatu nilai yang baik dalam negara bukanlah pekerjaan sekali jadi. Hal itu diperlukan kepemimpinan yang berkomitmen membangun hal itu secara berkesinambungan. "Namun, semuanya harus dimulai dari sekarang," ucapnya.

Sebelumnya, dalam pidato kontemplasinya, SBY mengajukan beberapa konsep. Mulai dari konsep masyarakat yang baik, negara yang baik, ekonomi hingga politik.

Menurut Ketua Umum Partai Demokrat itu, tidak ada resep yang ajeg dalam membangun suatu masyarakat yang baik. Di setiap literatur memiliki ramuan yang berbeda-beda.

Kendati begitu, dalam masyarakat Indonesia, maka SBY menilai ada dua prasyarat, yaitu kasih sayang dan rasa persaudaraan.

Di tengah-tengah bangsa Indonesia yang majemuk ini, menurut SBY, kasih sayang adalah sebuah harga mati. "Pertama adalah kasih sayang atau love di antar kita dan bukan kebencian atau hatred," kata SBY di Puri Cikeas, Bogor, Senin (9/9/2019).

Sementara itu, lanjutnya, prasyarat kedua ialah membangun persaudaraan dengan sesama masyarakat. Termasuk dengan masyarakat yang berbeda identitas dengan kita. "Kedua rasa persaudaraan dan bukan membangun jarak atau permusuhan atau hostility dengan masyarakat yang berbeda," katanya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Konteks Indonesia

SBY melihat beberapa tahun ini masyarakat Indonesia kehilangan kedua prasyarat tersebut. Yang ia lihat justru sebaliknya, masyrakat Indonesia membangun jarak dengan yang bukan sesama identitasnya.

"Terus terang rasa persaudaraan dan kasih sayang ini melemah. Sebaliknya rasa permusuhan mengut ini lampu kuning yang membahayakan masyarakat dan bangsa kita," ucap SBY.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • SBY