Sukses

Golkar Kantongi Kandidat Menteri, Nasdem Sudah Serahkan Nama ke Jokowi

Nama-nama calon menteri tersebut sudah berada di tangan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah meminta partai koalisi pendukungnya untuk menyiapkan nama yang akan dipasangkan di kabinet. Nantinya nama-nama tersebut akan dikaji bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily saat dikonfirmasi, Rabu 31/7/2019), mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan sejumlah nama yang akan diposisikan kelak di kabinet oleh Presiden Jokowi. 

"Jika Presiden Jokowi meminta kepada Partai Golkar untuk mengisi portofolio kabinet yang dibutuhkan sesuai dengan bidangnya, tentu kami memiliki kader-kader untuk mengisi portofolio yang dikehendaki beliau," ujar Ace.

Dia menyebut, nama-nama calon menteri tersebut sudah berada di tangan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto.

"Nama-nama tersebut sudah ada di kantong Ketua Umum Partai Golkar, Pak Airlangga Hartarto," ungkap Ace.

Dia menegaskan, kabinet itu hak preogratif Pak Jokowi untuk menentukan komposisi dan figur yang dibutuhkan untuk bekerja sesuai dengan visi, misi, dan program yang telah dirumuskan dalam Nawacita jilid kedua.

Karenanya, menurut Ace, Partai Golkar sendiri sangat percaya bahwa Pak Jokowi memiliki penilaian yang sangat obyektif untuk memilih mana figur yang tepat dalam membantu beliau untuk mengisi portofolio kabinet yang dibutuhkan bangsa ini.

"Presiden Jokowi tentu mengetahui mana figur-figur yang memiliki kompetensi, integritas, kemampuan manajerial dan bertindak cepat dalam menyelesaikan berbagai persoalan yang perlu diambil keputusannya," Ace memungkasi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nasdem Serahkan Nama

Sementara itu, Nasdem membenarkan bahwa Presiden sudah meminta nama-nama yang nantinya akan digodok sebagai calon menteri. Tapi, pihaknya tak bisa menentukan posisi dan jumlah di kabinet.

"Betul Presiden sudah meminta nama-nama. Tetapi soal posisi dan jumlah, kami menyerahkan pada presiden," kata Ketua DPP Irma Suryani saat dikonfirmasi, Rabu (31/7/2019).

Dia menegaskan, Nasdem hanya menyerahkan nama-nama calon menteri, lengkap dengan latar belakang para kandidat.

Irma menambahkan, dengan data-data yang diserahkan nanti, Presiden tentu akan memposisikan si calon, pada posisi tepat.

"Karena dari data tersebut, kami yakin, the right man in the right place. Presiden akan memposisikan calon sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.