Sukses

Usul Cak Imin ke Jokowi: Sekolah Bermutu Tidak Perlu di Subsidi

Cak Imin menilai dana subsidi tersebut sebaiknya diahlikan kepada lembaga pendidikan yang belum bermutu.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin mengusulkan kepada Presiden Jokowi agar lembaga pendidikan bermutu tak lagi diberikan subsidi dari APBN.

Hal ini disampaikan Muhaimin saat bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/7/2019).

"Tentu banyak masukan-masukan menyangkut kalau dulu anggaran pendidikan sudah 20 persen diwajibkan UUD 1945, maka sekarang saatnya disisir peningkatan kualitasnya. Salah satunya adalah kita akan berharap agar pendidikan yang sudah bermutu tidak lagi disubsidi APBN," kata Muhaimin di lokasi.

Cak Imin menilai dana subsidi tersebut sebaiknya diahlikan kepada lembaga pendidikan yang belum bermutu. Dia berharap Jokowi dapat menyetujui usulan tersebut.

Wakil Ketua MPR itu meminta agar lembaga pendidikan besar yang telah bermutu bersiap-siap jika subsidinya dicabut.

"Siap-siap kalau pak Presiden setuju, lembaga-lembaga pendidikan yang besar-besar, yang negeri akan dikurangi subsidinya untuk dialihkan kepada lembaga-lembaga pendidikan yang belum mencapai kualitas, kapasitas seperti yang kita harapkan," jelas dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Ketua PKB Daerah

Dalam pertemuan itu, Cak Imin turut mengajak Ketua DPW PKB se-Indonesia. Tampak hadir dalam pertemuan itu, Sekjen PKB sekaligus Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri serta Politikus PKB yang juga Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Eko Putro Sandjojo, hingga Ketua DPW Jawa Tengah Yusuf Hudori.

Cak Imin membantah bahwa pertemuan tersebut juga membahas soal jatah menteri di kabinet Jokowi periode selanjutnya. Menurut dia, soal kabinet akan dibicarakan di forum yang berbeda. 

"Kabinet kalau serame ini enggak mungkin. Kabinet pasti empat mata sama saya, kalau serame ini enggak mungkin dibahas," ucap dia.

Selain itu, Cak Imin mengaku kedatangannya juga untuk untuk mengucapkan selamat kepada Jokowi yang telah ditetapkan sebagai presiden terpilih.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.