Sukses

Mereka yang Menjenguk Risma

Kondisi Wali Kota Surabaya Risma mulai membaik dan sudah dipindahkan ke ruang inap.

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dikabarkan mulai membaik. Melihat kondisi tersebut tim dokter memutuskan memindahkan Risma dari ruangan ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) ke ruang rawat inap di Graha Amerta RSUD dr Soetomo.

"Sore ini sekitar pukul 15.30 WIB, Ibu Wali Kota sudah dipindahkan ke ruang rawat inap di Graha Amerta karena kondisinya sudah membaik," kata Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser di sela-sela menunggu Wali Kota Risma di Graha Amerta, pada Minggu 30 Juni 2019 seperti dilansir Antara.

Sebelumnya, beredar luas foto tentang kondisi Wali Kota Risma yang kritis pada saat Presiden Jokowi menjenguk Risma. Namun, Fikser memastikan bahwa foto tersebut adalah hoaks atau tidak benar.

"Jadi, kalau dijenguk oleh Presiden Jokowi pada 29 Juni malam itu memang betul. Memang Pak Presiden menjenguk Bu Wali. Tapi pada saat dijenguk itu kondisi bu wali memang sudah membalik, dan terus membaik hingga saat ini. Jadi tidak benar kalau kondisi bu wali kritis, buktinya beliau diperbolehkan pindah ruangan," katanya.

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui keadaan Wali Kota Risma, Fikser menegaskan bahwa dia akan terus menginformasikannya. Untuk itu masyarakat diharapkan untuk tidak langsung percaya pada isu-isu yang beredar dan tidak jelas sumbernya.

"Karena kami akan terus update perkembangan bu wali," pungkasnya.

Sementara itu, sejumlah tokoh negara telah menjenguk Risma dan mengirimkan banyak doa untuk kesembuhannya. Siapa sajakah mereka?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana

Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Ibu Iriana dan para rombongan menjenguk Risma di RSUD dr Soetomo, Surabaya dalam kurun waktu selama kurang lebih 30 menit pada Sabtu malam (29/6/2019).

Rombongan yang menemani Jokowi yaitu Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Sekertaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan pasangan Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil Dardak dan Arumi Bachsin serta para Staff kepresidenan.

"Semua rombongan presiden masuk semuanya ke ruang ICU. Pak Jokowi mengatakan jangan mikir terlalu banyak, warga Surabaya sudah menunggu," tutur putra sulung Wali Kota Risma, Fuad Bernardi, Sabtu, 29 Juni malam.

Fuad yang merupakan putra dari Risma menyampaikan, ibunya mengucapkan terima kasih kepada rombongan Presiden Jokowi yang sengaja menjenguk.

"Iya, ibu mengucapkan terima kasih ke semua tamu," ujarnya.

3 dari 5 halaman

Wapres Jusuf Kalla

Jusuf Kalla (JK) datang di GBPT RSUD Dr Soetomo Surabaya bersama Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Jumat, 28 Juni 2019, sekitar pukul 15.18 WIB. Kedatangan JK disambut Direktur Utama RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Joni Wahyuhadi.

Wapres bersama rombongan pergi meninggalkan GBPT RSUD Dr Soetomo pada pukul 15.34 WIB atau 15 menit setelah menjenguk Risma.

"Pak Wapres mendoakan semoga Bu Risma cepat sembuh dan cepat beraktivitas lagi," ujar Joni Wahyuhadi seperti dilansir dari Antara.

Rombongan JK yang datang ditemani sang istri Mufidah Jusuf Kalla, Emil dan isrinya Arumi Bachsin tidak berlangsung lama, hal ini lantaran Risma masih di ICU. Dia mengungkapkan, kondisi Risma semakin membaik. Ini berdasarkan diagnosa dokter yang menyebut membaiknya fungsi-fungsi organ.

"Perkembangan beliau bagus sekali, jadi fungsi-fungsi organnya cepat membaik. Paru-parunya yang kemarin sempat bermasalah pelan-pelan sudah membaik. Pemeriksaan darah juga menunjukkan perbaikan yang signifikan. Alhamdulillah progresnya terus membaik," tutur dia.

4 dari 5 halaman

Menteri Susi Pudijiastuti

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjenguk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu siang 29 Juni 2019.

Menteri Susi tiba di rumah sakit milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim itu sekitar pukul 10.11 WIB. Menteri Susi tidak terlalu lama menyambangi Wali Kota Risma dan terlihat keluar dari rumah sakit sekitar pukul 10.28 WIB.

"Bu Risma senang, saya datang Bu Risma langsung melambaikan tangan. Bicaranya lancar, sudah mengerti bicara pelan-pelan," tutur Menteri Susi, Sabtu, 29 Juni 2019. 

5 dari 5 halaman

Mantan Kepala BIN Hendropriyono

Mantan Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) Hendropriyono menjenguk Risma saat masih dirawat di ICU Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD dr. Soetomo Surabaya, 30 Juni 2019.

"Alhamdulillah pagi tadi saya dan rombongan PCNU Surabaya membesuk Bu Risma. Saya sendiri berkesempatan masuk menemui beliau bersama dengan bapak mantan kepala BIN Hendropriyono," kata Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PCNU) Surabaya Ahmad Muhibbin Zuhri kepada Antara.

Menurutnya, kondisi kesehatan Risma sudah semakin baik. Meski kunjungan tersebut tidak berlangsung lama dikarenakan Risma masih di ICU tetapi Risma tetap tersenyum ramah dan berbincang dengan rombongan PCNU Surabaya.

(Nabila Bilqis)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.