Sukses

Cerita Pemudik 15 Jam Terjebak Macet di Tol Trans Jawa Saat Arus Balik

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai upaya pemerintah mengantisipasi arus mudik dan balik Lebaran 2019 telah dilakukan, mulai dari pembangunan Tol Trans Jawa hingga pemberlakuan sistem one way atau satu arah dan contraflow atau lawan arah di jalan bebas hambatan itu.

Meski sedikit mengurangi antrean dan kepadatan kendaraan, namun nyatanya kemacetan lalu lintas di ruas tol tetap tak terhindarkan. Kemacetan tersebut salah satunya dipicu meningkatnya volume kendaraan yang melintas di tol saat arus balik.

Seperti yang dialami Yusmanto, pemudik asal Purwokerto, Jawa Tengah. Ia mengaku beberapa kali terjebak kemacetan panjang selama melakukan perjalanan balik ke Jakarta.

Yuswanto mengaku berangkat dari kampung halamannya menuju Jakarta pada Sabtu 8 Juni 2019 sekitar pukul 18.00 WIB. Begitu masuk tol, Yuswanto langsung disambut kemacetan.

"Sepanjang perjalanan pulang ke Jakarta dari Purwokerto sudah padat merayap, kecepatan kendaraan tidak bisa lebih dari 30 Km/jam," kata Yusman saat ditemui di kawasan Cikampek, Jawa Barat, Minggu (9/6/2019).

Yusman mengaku menempuh perjalanan lebih dari 15 jam sejak berangkat dari Purwakarta hingga tiba di Kilometer 65 Dawuan, Tol Jakarta-Cikampek pada arus balik Lebaran 2019.

"Sampai di Dawuan, Cikampek sekitar pukul 11.00 WIB, berarti sudah 15 jam sejak jam keberangkatan," ucapnya.

 

2 dari 3 halaman

Lancar Saat Mudik

Padahal, kata Yusman, saat arus mudik lebaran dari Jakarta menuju Purwokerto tidak ada hambatan sama sekali, bahkan terbilang lancar.

Ia dan keluarga hanya butuh waktu sekitar 7 jam menempuh perjalanan Jakarta-Purwokerto.

"Waktu arus mudik lancar, hanya memakan waktu 7 jam," ujarnya.

Sementara dari pantauan di lapangan, kepadatan arus balik lebaran masih terjadi di Tol Cipali dan Tol Cikampek menuju Jakarta.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Arus Balik Padat, Pemudik Antre 2 Jam di Gerbang Tol Cikampek Utama
Artikel Selanjutnya
Badai Menerjang Kapal Penumpang Arus Balik Lebaran di Aceh Barat