Sukses

Istana Sambut Baik Kerjasama Korlantas Polri dan Kemenhub Saat Kawal Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Deputi IV Kantor Kepala Staf Kepresidenan Eko Sulistyo menyambut baik kerjasama yang dilakukan Korlantas Polri dan Kementerian Perhubungan dalam mengawal jalannya arus mudik Lebaran 2019.

Menurut dia, kelancaran arus mudik dan balik kali ini tak lepas dari kerjasama yang dilakukan kedua lembaga tersebut.

"Ya tentu diapresiasi karena ini adalah kerja koordinasi yang solid. Tapi pada level pengaturan arus lalu lintas, itu memang kakorlantas punya peran sangat penting disamping Kementerian Perhubungan," kata Eko saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (8/6/2019).

Eko mengatakan, para petugas yang terlibat memantau arus mudik sudah cukup baik menjalankan tugasnya.

Mereka saling berkoordinasi memastikan bahwa perjalan mudik warga berlangsung lancar dan aman.

"Mereka hampir tiap jam, tiap detik memantau melalui command centernya. Mereka (Korlantas dan Kementerian Perhubungan) selalu berkomunikasi dan koordinasi," ucap Eko.

Eko mengaku, terlibat langsung dalam koordinasi antar kementerian dan lembaga mengenai pelayanan arus mudik Lebaran Idul Fitri 2019. Menurut dia, seluruh kementerian dan lembaga termasuk BUMN sangat solid sehingga hasilnya arus mudik Lebaran 2019 berjalan lancar.

"Memang kerja-kerja ini atas arahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara langsung dalam rapat terbatas membahas mengenai pelayanan arus mudik, disamping partisipasi masyarakat dalam mudik kali ini cukup tertib," ujarnya.

Eko menambahkan, kelancaran arus mudik sudah terlihat sejak tahun lalu karena memang telah dibangun sarana jalan tol seperti Tol Trans Jawa dan Tol Trans Sumatra. Sebab, dua sarana jalan tersebut yang paling banyak digunakan pemudik.

"Nah itu yang sangat menunjang kelancaran arus mudik tahun ini," tandasnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading