Sukses

Polisi Pastikan Video Begal dan Geng Motor yang Kini Viral Terjadi Tahun Lalu

Polisi memastikan, semua rekaman kekerasan begal dan geng motor yang kini beredar merupakan video lama.

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat dihebohkan dengan beredarnya sejumlah video yang menampilkan keberingasan anggota geng motor dan begal di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Polisi memastikan, semua rekaman yang viral saat ini merupakan video lama.

"Itu (video) yang terjadi tahun lalu terjadi sebelum-belumnya," kata Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Hengki Haryadi di Gedung Siti Maryam, Kebon Jeruk Jakarta Barat, Kamis (16/5/2019).

Hengki mengakui, akhir-akhir ini banyak beredar hoaks tentang maraknya begal maupun geng motor. Namun, masyarakar tak perlu takut karena semua pelakunya telah tertangkap.

"Hasil koordinasi dengan Polres lain di wilayah Polda Metro bahwa kejadian-kejadian yang viral itu sudah ditindak," ucap dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Terkesan Jakarta Tak Aman

Hengki menduga, video itu kembali dijejali ke masyarakat agar terkesan Jakarta tidak aman. Sebab, sebagian video seolah-olah dinarasikan kejadiannya di Jakarta, padahal bukan.

"itu banyak sekali. Intinya mereka (penyebar hoaks) mau buat kesan Jakarta tidak aman," ucap Hengki.

Hengki mengimbau kepada masyarakat agar bijak menggunakan media sosial. Jangan mudah percaya informasi-informasi yang bertebaran di media sosial.

"Saring sebelum sharing," Hengki memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.