Sukses

Jokowi Lantik Gubernur dan Wagub Terpilih Maluku Utara Siang Ini

Pelantikan terhadap Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin dilakukan pukul 14.00 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melantik Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Maluku Utara (Malut) Abdul Gani Kasuba dan Al Yasin di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/5/2019). Prosesi pelantikan dimulai pukul 14.00 WIB.

"Rencana iya (pelantikan jam 2 siang)," ucap Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Akmal Malik saat dikonfirmasi.

Sebelum dilantik, Jokowi terlebih dulu akan menyerahkan petikan keputusan presiden ke Abdul Gani dan Al Yasin di Istana Merdeka Jakarta.

Selanjutnya, Abdul Gani-Al Yasin bakal berjalan bersama Jokowi, Wapres Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo ke Istana Negara untuk diambil sumpahnya.

Abdul Gani-Al Yasin merupakan pasangan Gubernur dan Wagub hasil Pilkada Serentak 2018. Keduanya ditetapkan sebagai pemenang setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan perselisihan hasil suara Pilgub Malut 2018.

Abdul Gani-Al Yasin unggul dari pasangan Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar. Dalam Pilgub Malut 2018, Abdul Gani-Al Yasin yang diusung PDIP dan PKPI itu mendapat 176.669 suara.

Sementara rivalnya, Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar yang diusung Golkar dan PPP meraih 175.749.

 

* Ikuti perkembangan Real Count Pilpres 2019 yang dihitung KPU di tautan ini

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.