Sukses

Oesman Sapta, Wakil Ketua MPR F-UD

Akhirnya Oesman Sapta terpilih secara aklamasi sebagai Wakil Ketua MPR Fraksi Utusan Daerah. Kursi jabatan Ketua Fraksi F-UD yang ditinggalkannya akan ditentukan sesuai mekanisme yang berlaku.

Liputan6.com, Jakarta: Ketua Fraksi Utusan Daerah Oesman Sapta terpilih secara aklamasi menduduki kursi Wakil Ketua MPR hingga 2004. Keputusan ini berdasarkan Ketetapan MPR tentang Perubahan IV Tata Tertib Majelis yang akhirnya memberikan F-UD tambahan Wakil Ketua MPR [baca: Fraksi Utusan Daerah Mendapat Kursi Wakil Ketua]. Demikian hasil keputusan rapat intern F-UD seusai penutupan Sidang Tahunan MPR 2002 di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Ahad (11/8) siang.

Selepas rapat tersebut, Oesman membenarkan pengangkatan dia secara aklamasi. Menurut dia, pengangkatan ini menggenapkan jumlah Wakil Ketua MPR menjadi delapan orang. Sedangkan mengenai kursi Ketua Fraksi F-UD yang ditinggalkannya akan ditentukan sesuai mekanisme yang berlaku.

Oesman menambahkan, agenda F-UD ke depan adalah menelaah atau mengkaji secara komprehensif seputar konsep Dewan Perwakilan Daerah. Soalnya, sesuai amendemen Undang-Undang Dasar 1945, DPD bakal menggantikan posisi mereka di Majelis pada 2004. Dengan kata lain, DPD yang bakal terbentuk nanti diharapkan benar-benar mewakili dan memperjuangkan suara daerah.(ANS/Alfito Deannova dan Andi Azril)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.