Sukses

Viral Turis Asing Melawan Petugas di Kawasan Gunung Bromo, Begini Faktanya

Fokus, Probolinggo - Aksi tidak terpuji seorang turis terjadi di kawasan wisata Gunung Bromo. Tidak terima dicegah petugas menuju kawah Gunung Bromo yang tengah erupsi, seorang turis asal Jerman justru melawan dengan membanting petugas yang mencoba menyelamatkan nyawanya.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Minggu (24/3/2019), terekam dalam video amatir, aksi seorang wisatawan asing asal Jerman tersebut terlibat keributan dengan seorang penjaga di jalur penanjakan menuju kawah Gunung Bromo, Jawa Timur.

Upaya petugas untuk menyelamatkan nyawa sang turis justru dibalas dengan bantingan hingga petugas yang mencegahnya terjatuh. Keributan tersebut tidak berlangsung lama karena dilerai oleh petugas lain yang berada di sekitar lokasi.

Insiden terjadi akibat kesalahpahaman antara petugas dengan turis asing karena kendala bahasa. Sang turis tidak mengetahui adanya larangan mendekati kawah Gunung Bromo yang sedang mengalami erupsi, dan sudah meminta maaf.

Sementara itu aktivitas vulkanik di Gunung Bromo masih terus terjadi. Asap tebal bercampur abu vulkanik masih menyembur dengan ketinggian 300 hingga 700 meter dari puncak kawah. Asap mengarah ke Lumajang dan sebagaian ke Probolinggo. Gempa tremor terus berlangsung dengan amplitudo 0,5-15 milimeter.

Hingga saat ini, kondisi Gunung Bromo masih dalam level waspada dengan larangan mendekati kawah gunung dalam radius satu kilometer. (Galuh Garmabrata)