Sukses

KPK Pelajari Temuan Uang Ratusan Juta Rupiah di Kantor Menag

Fokus, Jakarta - Komisi Pemberatasan Korupsi atau KPK telah menggeledah ruang kerja Menteri Agama untuk mencari bukti terkait kasus dugaan jual beli jabatan di lingkungan Kementerian Agama yang melibatkan mantan Ketua Umum PPP Romahurmuzy.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Rabu (20/3/2019), di laci meja kerja Menteri Agama, KPK menemukan uang ratusan juta rupiah dan puluhan ribu dolar Amerika Serikat.

Untuk menindaklanjuti temuan uang tersebut, KPK akan memanggil menteri, sekjen, dan kepala biro kepegawaian kementerian agama untuk menjalani pemeriksaan tentang uang di laci meja kerja Menag.

"Barang bukti tersebut akan dipelajari lebih lanjut dan menjadi bagian dari pokok perkara ini, KPK juga mengingatkan pada pihak-pihak terkait agar bersikap kooperatif dalam penanganan ini agar prosesnya sesuai dengan aturan yang berlaku," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Senin sore, tim penyidik KPK melakukan penggeledahan di kantor Kementerian Agama. Sejumlah ruangan diperiksa, salah satunya adalah ruangan Menteri Lukman Hakim Saifuddin. Ddari ruang kerja Menag, penyidik KPK mengamankan sejumlah dokumen dan uang ratusan juta rupiah.

Penggeledahan sejumlah ruangan di kantor Kemenag dilakukan terkait kasus dugaan jual beli jabatan di Kemenag. Dalam kasus ini, KPK telah menetapkan mantan Ketum PPP Romahurmuzy dan Kepala Kanwil Departeman Agama Jawa Timur menjadi tersangka.