Sukses

Tingkatkan Mutu, Kemnaker Gelar Uji Banding Faktor Fisika Balai K3 Seluruh Indonesia

Kementerian Ketenagakerjaan menggelar uji banding faktor fisika Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) seluruh Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Ketenagakerjaan menggelar uji banding faktor fisika Balai Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) seluruh Indonesia. Uji banding ini untuk mutu data pengujian dan untuk menyamakan standar pengujian laboratorium balai-balai K3 yg tersebar di seluruh indonesia sesuai ISO 17025:2017.

"Data hasil pengujian kerja ini nantinya dapat dipergunakan oleh pengawas ketenagakerjaan dalam inpeksi terhadap penegakan norma K3 khususnya lingkungan kerja di perusahaan-perusahaan" kata Direktur Bina K3 Kementerian Ketenagakerjaan, Muhamad Idham seusai kunjungan rombongan Kepala UPT/UPTD Balai K3 seluruh Indonesia ke Balai Hiperkes dan KK Provinsi Lampung, Lampung, Selasa (19/3/2019).

Dengan begitu, lanjut Idham kita akan mengetahui bila ada penyimpangan/perbedaan hasil data pengujian kesehatan dan keselamatan kerja yang diterapkan oleh masing2 balai K3 dalam menerapkan standar ISO 17025.

"Penyimpangan yg terjadi bisa disebabkan oleh faktor,antara lain SDM penguji, alat penguji yang digunakan atau metode pengujian yang dilakukan,” ujar Direktur Idham

Adapun parameter yang diuji adalah faktor fisika meliputi: Kebisingan, getaran, iklim kerja panas, dan pencahayaan. Peserta pengujian merupakan perwakilan dari 20 Balai K3 seluruh Indonesia.

"Dalam uji banding parameter kebisingan misalnya sumber kebisingan dapat terukur dengan data yang valid sehingga pengendalian kebisingan dapat dilakukan sejak dini," jelas Idham

Lebih lanjut Idham menjelaskan, pengendalian pada sumber bunyi dapat dilakukan dengan melakukan eliminasi, subsitusi, engineering, administrasi dan penggunaan Alat Pelindung Diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini