Sukses

Gempa Magnitudo 4,6 Goyang Pangandaran

BMKG mencatat gempa Pangandaran tersebut terjadi pada pukul 15.43 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa bumi mengguncang daerah Jawa Barat. Kali ini gempa bermagnitudo 4,6 menggetarkan Pangandaran.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa Pangandaran tersebut terjadi pada pukul 15.43 WIB. Gempa berlokasi di 8.3 Lintang Selatan, 108.63 Bujur Timur atau 68 Km Barat Daya Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat

"Kedalaman gempa 81 Km," kata Plt Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Yusuf Supriyadi kepada wartawan, Kamis (7/3/2019).

Dia manambahkan, ditinjau dari lokasinya, gempa tektonik yang terjadi ini merupakan gempa menengah akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam ke bawah lempeng Eurasia.

"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempabumi ini dirasakan di wilayah Kabupaten Pangandaran dengan Skala Intensitas I - II MMI," kata dia.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa Pangandaran tersebut.

"Hingga pukul 16.18 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut," ujar dia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.