Sukses

Resmi Jadi Gubernur, Khofifah Mengaku Banyak Pekerjaan Rumah di Jawa Timur

Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, usai dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara.

Liputan6.com, Jakarta - Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak resmi menjabat sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, usai dilantik oleh Presiden Jokowi di Istana Negara. Khofifah mengaku banyak pekerjaan rumah yang menunggunya di Jawa Timur, salah satunya menuntaskan ketimpangan kemiskinan di desa dengan di kota.

"Ketimpangan di desa dan kota sangat tinggi, kemiskinannya. Ketimpangan di utara dan selatan. Memang wilayah selatan, wilayah Pak Emil jadi Bupati Trenggalek akan jadi pekerjaan rumah," kata Khofifah di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/2/2019).

"Kami bersama untuk membangun penguatan pemberdayaan ekonomi mereka, kesehatan, pendidikan sehingga ada kemajuan yang bisa dirasakan antar Jatim utara selatan," sambung dia.

Selain itu, Khofifah dan Emil akan fokus pada masalah kesehatan. Dia berjanji tahun ini, Rumah Sakit Pamekasan akan dinaikkan tingkatnya dari tipe C ke B.

"Masyarakat Madura bisa mendapatkan percepatan pelayanan secara kualitatif maupun kuantitatif. Layanan kesehatan pasti akan dimaksimalkan karena Indeks Pembangunan Manusia di Jawa Timur masih terendah di provinsi se-Jawa," jelas Khofifah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ambil Alih Lansia

Mantan Menteri Sosial itu menyoroti soal kemiskinan cukup akut di wilayah pedesaan, yang disebabkan faktor lansia di keluarga miskin. Khofifah berjanji mengambil alih 50 ribu lansia di keluarga miskin agar mereka mendapatkan kehidupan yang layak.

"Beban lansia di keluarga miskin akan kami intervensi. Lansia usia 70 tahun ke atas lewat Program Keluarga Harapan (PKH) plus. Ini bagian dari program kerja 33 hari," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi melantik Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Jokowi pun meminta Khofifah-Emil langsung tancap gas bekerja.

"Ya secepatnya, secepat-cepatnya langsung tancap gas bekerja untuk masyarakat di provinsi Jawa Timur," ujar Jokowi usai pelantikan di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/2/2019).

"Untuk ibu Khofifah Indar Parawansa dan juga untuk pak Emil Dardak. Semuanya, pesen saya tadi hanya satu, cepat, tancap gas, bekerja," imbuh Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.