Sukses

Ada Reuni 212, Car Free Day Hanya Sampai Jalan Sudirman

Reuni 212 digelar, tapi Anda masih ingin mengikuti hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD)? Masih bisa kok.

Liputan6.com, Jakarta - Reuni 212 digelar pada Minggu (2/12/2018) ini, tapi masih ingin mengikuti hari bebas kendaraan bermotor atau car free day (CFD)? Masih bisa kok.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko menyatakan, CFD masih digelar pada hari ini meski ada reuni 212. Namun, hanya ada di Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Senayan.

Biasanya CFD diselenggarakan dari Bundaran Senayan hingga Jalan MH Thamrin atau hingga Patung Kuda depan Monumen Nasional (Monas) Jakarta Pusat.

"Hasil koordinasi dengan kepolisian, masyarakat tetap bisa  car free day. Tapi di ruas Jalan Jenderal Sudirman, yang ruas Thamrin tidak kita laksanakan," kata Sigit saat dihubungi, Jumat 30 November 2018.

Selama pelaksanaan reuni 212 dan CFD pada hari ini, lanjut dia, pihaknya telah mengerahkan ratusan personel untuk berjaga. Dia menyebut jumlah tersebut sesuai dengan permohonan dari Polda Metro Jaya.

"Personel kita 350 sesuai dengan permohonan dari polda," ujar Sigit.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

20 Ribu Petugas Gabungan

Rencananya, ada 20 ribu petugas gabungan yang mengamankan reuni 212 di Monas, Jakarta Pusat pada hari ini. Puluhan ribuan petugas ini dikerahkan setelah Polda Metro Jaya menerima surat pemberitahuan soal reuni 212.

"Jadi berkaitan dengan permohonan pemberitahuan oleh ketua reuni 212 yang sudah kita terima, tentunya dari Polda Metro Jaya sudah merencanakan kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan tanggal 2. Jadi ada 20.000 personel gabungan dari TNI, Polri dan juga oleh pemerintah daerah," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, Jakarta, Jumat (30/11/2018).

TNI sendiri mengerahkan 2.000 personel untuk mengamankan reuni 212.

"Bantuannya kita stand by kan 2.000. Disebar, ini kan atas permintaan Polri (perbantuan personel)," kata Kapendam Kodam Jaya Kolonel Kristomei Sianturi saat apel 'Persiapan Natal 2018, Tahun Baru dan Pileg juga Pilpres 2019, di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Jumat (30/11).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.