Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Apresiasi Tim SAR, Menhub Harap Perekam Suara Kokpit Lion Air Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengapresiasi tim gabungan yang telah menemukan bagian black box atau kotak hitam berupa flight data recorder (FDR) pesawat Lion Air di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. Dia menyebut temuan tersebut dapat membantu penyelidik untuk mencari tahu apa yang terjadi sebelum kecelakan.

Sehingga nantinya dapat dijadikan bahan evaluasi. Budi menjelaskan black box terbagi menjadi dua item yaitu perekam suara kokpit atau cockpit voice recorder (CVR) dan FDR.

"Berarti ini baru satu diharapkan satu lagi (CVR) bisa ditemukan agar makin lengkap," kata Budi di kantor Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Jakarta Pusat, Kamis (1/11/2018).

Selanjutnya kata dia, pihak Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan melakukan penelitian terhadap black box Lion Air. "Untuk selanjutnya memberikan hasil kepada kami sementara itu dulu," jelasnya.

2 dari 3 halaman

Penemuan Black Box Lion Air

Tim penyelam dari TNI AL menemukan black box Lion Air yang jatuh di Tanjung Karawang. Benda itu ditemukan penyelam dari TNI AL, Sertu Hendra.

Hendra mengatakan, sempat merasa putus asa mencari black box tersebut. Sebab, pesawat meledak dan menjadi bongkahan kecil dan menyebar di perairan Tanjung Karawang.

"Menang kami sempat putus asa karena pesawat menjadi bongkahan-bongkahan kecil, lalu kami temukan dan kami mendapat black box warna oranye," kata Sertu Hendra di Tanjung Karawang.

Menurut Hendra, benda ditemukannya itu berwarna oranye. Black box itu ditemukan di kedalaman 30 meter dalam kondisi utuh.

"Kondisinya utuh di dalam lumpur," Hendra memungkasi.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Retak, 5 Pesawat Boeing 737 NG Milik Maskapai Indonesia Dikandangkan
Artikel Selanjutnya
Garuda Kandangkan 1 Pesawat Boeing Karena Retak, Bagaimana Lion Air?