Sukses

Bundaran HI-Monas Macet Akibat Aksi Protes Bakar Bendera

Ribuan orang dari berbagai organisasi Islam memadati Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Ribuan orang dari berbagai organisasi Islam memadati Jalan Medan Merdeka Barat Jakarta Pusat. Massa yang tergabung dalam Barisan Nusantara Pembela Tauhid (BNPT) mengecam adanya pembakaran bendera bertuliskan kalimat tauhid di Limbangan Garut, Jawa Barat.

Akibatnya, sejumlah ruas jalan mengalami kemacetan. Berdasarkan informasi kepolisian yang bertugas, kemacetan sudah mengular hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI).

"Itu sampai Bandung 5 (Bundaran HI)," kata Aiptu Tugiyo di lokasi, Jumat (26/10/2018).

"Ya kurang lebih tiga sampai empat kilometer ya (kemacetan)," sambungnya.

Pantauan merdeka.com, massa hingga kini masih terus berdatangan. Mulai dari dewasa, pemuda pemudi maupun ibu rumah tangga yang membawa putra putri mereka.

Melalui pengeras suara dari mobil komando, orator mengecam aksi pembakaran bendera bertulis kalimat tauhid mirip bendera HTI.

"Siapa yang melakukan pembakaran bendera bertuliskan la ilaha illallah, musuhnya adalah umat Islam, takbir," kata orator.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siagakan Ribuan Personel

Sebelumnya, ribuan personel siap amankan aksi massa di Patung Kuda, Jakarta Pusat, siang ini. Aksi massa ini merupakan buntut dari aksi pembakaran bendera Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) di Limbangan, Garut, Jawa Barat.

"Kita turunkan pengamanan 7.633 personel," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono, Jumat.

 

Reporter: Ronald 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.