Sukses

Sandiaga Optimistis Kerja Sama Indonesia-Mesir Bisa Buka Lapangan Kerja Luas

Sandiaga Uno bertemu Wakil Menteri Perdagangan dan Industri Mesir, Ahmed Maghawry Diab membeicarakan kerja sama di bidang ekonomi.

 

Liputan6.com, Jakarta - Pengusaha Sandiaga Uno optimistis kerja sama perdagangan dan investasi antara Indonesia dengan Mesir dapat semakin ditingkatkan sehingga bisa menggerakkan ekonomi dan membuka lapangan pekerjaan di masa pandemi virus Corona Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno usai bertemu dengan Wakil Menteri Perdagangan dan Industri Mesir, Ahmed Maghawry Diab, Sabtu 21 November 2020.

"Potensi persahabatan dua negara ini sudah dimulai dari era Presiden Gamal Abdel Nasser dan Presiden Soekarno, namun dari jumlah total perdagangan dan investasi di Mesir, Indonesia belum mampu menembus posisi sebagai mitra dagang utama dan sebaliknya," ujar Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/11/2020).

Dikatakan Sandiaga, apabila dilihat dengan ekonomi yang terus bertumbuh dengan pasar yang sangat besar, Mesir juga mengundang Indonesia untuk meningkatkan perdagangannya.

"Kesepakatannya adalah meningkatkan jumlah perdagangan tiga kali lipat, jumlah ekspor dari Indonesia ke Mesir dalam konsep win win solution yang diharapkan akan meningkatkan investasi dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya," tutunya.

Lebih lanjut, dia mengungkapkan, untuk memulihkan dan membangkitkan ekonomi pascapandemi Covid-19, ada tiga sektor utama yang sebaiknya menjadi fokus.

"Sektor-sektor yang padat karya, yang membuka lapangan kerja seperti industri kelapa sawit dan turunannya. UMKM utamanya yang berkaitan dengan ekonomi kreatif, film, dan juga pariwisata. Ketiga adalah mengenai perkembangan industrial estate baik di Indonesia yang saat ini sedang berkembang di Batang, Jawa Tengah dan industri estate. Dengan konsep ini bisa kita sebutkan sebagai B to B, port to port, UKM to UKM, dan people to people," kata Sandiaga Uno.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bicara Hal Detil

Dalam perbincangan dengan Kementerian Perdagangan dan Industri Mesir, Sandiaga Uno menyebutkan pertemuan tidak hanya sebatas seremonial, tapi langsung membicarakan hal-hal yang detail yang bisa secara cepat dan efesien mengakselerasi terciptanya kebangkitan dan pemulihan kegiatan pascapandemi.

"Harapannya adalah dengan peningkatan invetasi akan mempercepat pemulihan ekonomi dan membuka lapangan perkerjaan seluasnya dan sebesar-besarnya," tandas Sandiaga Uno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.