Sukses

Polisi Pastikan Selidiki Penggunaan Dana dari Rekening Ratna Sarumpaet

Argo belum bisa menjelaskan lebih detail terkait penyelidikan penggunaan dana sosial yang dilakukan Ratna Sarumpaet.

Liputan6.com, Jakarta - Polda Metro Jaya menyatakan terus menyelidiki kasus dugaan penggunaan dana sosial yang dilakukan Ratna Sarumpaet untuk operasi plastik (oplas).

"Masih lidik (penyelidikan)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Aryo Yuwono saat dikonfirmasi, Minggu (7/10/2018).

Untuk mengubah penampilan, Ratna Sarumpaet diduga memakai rekening bank yang juga digunakan untuk penggalangan dana korban kapal tenggelam di Danau Toba, Sumatera Utara.

Namun, Argo belum bisa menjelaskan lebih detail terkait penyelidikan penggunaan dana sosial yang dilakukan Ratna Sarumpaet itu untuk operasi plastik.

"Lidik (penyelidikan) tidak bisa disampaikan ke publik," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kesamaan Nomor Rekening

Sebelumnya, publik menyoroti rekening yang digunakan Ratna untuk membayar prosedur sedot lemak. Rekening itu sama seperti rekening yang digunakan untuk menggalang dana bagi korban kapal tenggelam di Danau Toba beberapa waktu lalu.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto membenarkan adanya kesamaan rekening tersebut. Berdasarkan penelusuran penyidik, Ratna membayar biaya perawatannya di Rumah Sakit Bina Estetika menggunakan rekening yang sama.

"Itu, kan, dalam proses penyidikan. Penyidik menemukan Beliau melakukan pembayaran di rumah sakit dengan menggunakan rekening itu. Nah, kalau rekan-rekan membuka di internet, Beliau menggunakan rekening itu untuk mengumpulkan dana, kalau enggak salah di Danau Toba," ujar Setyo di Jakarta Selatan, Kamis 4 Oktober 2018.

Namun, Setyo belum bisa memastikan apakah pembayaran sedot lemak di RS Bina Estetika itu ada uang dari donatur yang disalahgunakan. Apalagi itu merupakan rekening atas nama Ratna Sarumpaet sendiri.

"Itu nanti rekan-rekan bisa lihat sendiri. Secara kebetulan saja penyidik mendapat keterangan itu, dan pada saat kita ekspose sama dengan yang digunakan Beliau, di internet muncul," kata Setyo.

 

 

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.
    Ratna Sarumpaet adalah seniman Indonesia yang banyak mengeluti dunia panggung teater, selain sebagai aktivis organisasi sosial.

    Ratna Sarumpaet