Sukses

Viking Persib soal Jakmania Tewas: Demi Kemanusiaan, Akhiri Kebencian

Viking Persib menegaskan rivalitas bukan menjadi pembenaran bagi kita untuk melakukan hal-hal di luar batas.

Liputan6.com, Jakarta - Wafatnya Haringga Sirila yang tewas dikeroyok oknum pendukung Persib, Minggu (23/9/2018) membuat prihatin Viking. Basis suporter Persib itu menyampaikan duka mendalam terhadap insiden memilukan itu.

Pernyataan belasungkawa disampaikan melalui situs resmi vikingpersib.co.id. Haringga meninggal dunia ketika hendak menyaksikan pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta.

"Semoga almarhum diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kesabaran, kekuatan, serta ketabahan," isi keterangan Viking, Senin (24/9/2018).

Viking berharap insiden ini menjadi momentum berbenah. Viking meminta kebencian antarpendukung klub dihapuskan demi sepak bola dan bangsa Indonesia.

"Demi kemanusiaan, mari kita bersama menjadikan ini sebagai momen untuk mengakhiri rasa kebencian di antara kita."

"Rivalitas bukan menjadi pembenaran bagi kita untuk melakukan hal-hal di luar batas," kata pernyataan Viking Persib tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Lengkap

Berikut ini, pernyataan lengkap Viking:

"Turut berduka cita atas wafatnya salah satu pendukung Persija, Haringga Sirila yang meninggal dunia ketika hendak menyaksikan pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta, Minggu (23/9/18), di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Selain ucapan lisan dan doa dari lubuk hati yang terdalam dari kami, semoga almarhum diberikan tempat yang terbaik disisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kesabaran, kekuatan, serta ketabahan.

Bukan juga untuk berlindung dibalik kata-kata fanatisme, militansi dan eksistensi. Rivalitas bukan menjadi pembenaran bagi kita untuk melakukan hal-hal diluar batas. Karena sejatinya sepakbola merupakan alat pemersatu bangsa, bukan untuk saling membenci yang hanya akan menimbulkan rasa dendam mendalam.

Jangan biarkan rivalitas ini menjadi suatu penyakit yang lambat laun akan menambah korban dari masing-masing pihak, sampai kapan, sampai habis tak tersisa. Jangan biarkan hati nurani kita dibutakan oleh rivalitas, cukup 2x45 menit di lapangan hijau, setelah itu biarkan sepakbola menjadi indah agar kelak kita bisa menceritakan hal-hal yang baik kepada generasi penerus kita.

Perlu diingat, mendukung kesebelasan yang kita cintai, bernyanyi bergemuruh di stadion, mengawal dan menjaga tim kita banggakan hanya bisa kita lakukan ketika kita hidup.

Demi kemanusiaan, mari kita bersama menjadikan ini sebagai momen untuk mengakhiri rasa kebencian diantara kita. Demi sepakbola, demi bangsa, dan demi Indonesia.

Viking Persib Club sangat menghargai proses hukum yang berlaku, dan mendukung pihak yang berwenang untuk melakukan penyelidikan.

Terakhir, tak ada kemenangan yang sebanding dengan nyawa. Beristirahatlah dengan tenang Haringga Sirila.

Salam Damai,

Viking Persib Club."

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.