Sukses

Peserta Tour de Siak 2018 Dapat Poin dari United Cycling International

Pebalap yang mengikuti Tour de Siak akan mendapat poin dari United Cycling International.

Liputan6.com, Riau Tour de Siak (TdS) 2018 kembali digelar tahun ini. Acara ini berlangsung selama empat hari, mulai 17 hingga 21 September 2018 di Kota Siak Sri Indrapura. Dalam empat hari itu terdapat empat etape lomba, setiap etape dilaksanakan dalam satu hari.

TdS 2018 pun disambut antusias oleh para pebalap sepeda. Terlebih lagi, mulai tahun ini pebalap yang mengikuti even Tour de Siak (TdS) akan mendapat poin dari United Cycling International (UCI). Pasalnya, penyelenggara TdS kali ini sudah masuk kalender UCI.

"Mulai tahun ini atau penyelenggaraan Tour de Siak ke-6, setiap pebalap akan dihitung poinnya karena mulai tahun ini even Tour de Siak ini sudah masuk kalender UCI. Artinya, kita sudah masuk agenda resmi UCI," ujar Ketua Panitia Penyelenggara TdS, Fauzi Asni, saat acara Press Conference di Gedung Mahratu Siak bersama sejumlah wartawan, Senin (17/9/18).

Ia mengatakan, untuk tahun ini anggaran penyelenggaraan even tahunan ini tidak ada bantuan dari Kementerian Pariwisata seperti tahun sebelumnya.

"Tahun ini, anggaran even Tour de Siak berasal dari APBD Siak dan pihak sponsor. Berbeda dari tahun lalu, Kementerian Pariwisata ikut membantu dalam bidang promisi," ucap Fauzi.

 

Sebanyak 13 tim yang berasal dari 16 negara akan mengambil bagian dalam even balap sepeda Tour de Siak (TdS) 2018. Tim ini terdiri dari sembilan tim mancanegara dan empat tim lokal.

Sembilan tim luar negeri yang ikut ambil bagian berasal dari Terengganu Cycling Team Malaysia, NEX CCN Philipina, Pro Cycling Team Kamboja, Seven Eleven Philipina, St. George Continental Cycling Team Australia, Kuman Cycling Team Jepang, Go For Gold Philipina, Nice Ethiopia Cycling Team Ethiopia, dan Sakura Cycling Team Malaysia.

Sementara itu, tim lokal terdiri dari Advance Custom Cycling, Perusahaan Gas Negara (PGN) Road Cycling Team, KFC Cycling Team, dan Bumi Siak Pusako (BSP).

Adapun negara peserta yang akan bertarung untuk memperebutkan hadiah ratusan juta rupiah adalah Indonesia, Malaysia, Filipina, Kamboja, Jepang, Australia, New Zealand, Thailand, Spanyol, Belanda, Perancis, Swiss, Malta, Jerman, Ethiopia, dan Eritrea.

Dalam Tour de Siak 2018, peserta akan melakukan perlombaan sebanyak empat etape, yakni etape I Siak-Dayun 154,12 Km, etape II Siak-Sungai Apit 115,41 Km, etape III Siak-Koto Gasib 161,48 Km, dan etae IV Siak City Race 92,1 Km.

Sebagai informasi, rangkaian TdS 2018 sudah dimulai pada Selasa (18/9/2018) pagi dengan menyelenggarakan Fun Bike yang diikut 2000 peserta. Fun Bike dibuka langsung Bupati Siak, Syamsuar, di depan Istana Siak. Setelah Fun Bike, digelar pembagian door prize dengan hadiah utama sebuah unit sepeda motor.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.